5 Olahraga Ringan Penurun Asam Urat

5 Olahraga Ringan Penurun Asam Urat

5 Olahraga Ringan Penurun Asam Urat  – Seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi, bisa merasakan nyeri secara tiba-tiba yang diikuti dengan bengkak dan juga kemerahan di bagian sendi. Untuk mengatasinya beberapa orang kerap melakukan diet rendah purin.

5 Olahraga Ringan Penurun Asam Urat

Seperti yang kita ketahui, bahwa purin adalah penyebab utama seseorang memiliki kadar asam urat tinggi. Purin adalah zat yang kerap ditemukan pada beberapa makanan dan minuman. Jadi salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan diet rendah purin.

Nah selain diet rendah purin, ternyata olahraga juga penting dilakukan oleh penderita asam urat. Seperti apa olahraga yang bisa menurunkan kadar asam urat? Simak ulasannya berikut ini.

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling sederhana, tapi Anda tak boleh sepelekan kesederhanaan tersebut lantaran banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari jalan kaki ini. Salah satu manfaatnya ternyata bisa menurunkan kadar asam urat.

Coba lakukan olahraga ini setiap minggu secara konsisten minimal 30 menit supaya tidak terlalu lelah dan kadar asam urat yang tinggi bisa cepat turun. Dengan berjalan kaki, otot kaki bisa lebih kuat dan kadar vitamin D dalam tubuh juga bisa ikut meningkat.

2. Bersepeda

Bersepeda ternyata bisa mendukung pergerakkan sendi, maka Anda yang hobi bersepeda bisa memanfaatkan sebaik-baiknya olahraga ini. Jangan terburu-buru, lakukan secara rileks setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu asal tidak membuat kinerja persendian menjadi lebih berat.

3. Yoga

Awalnya mungkin Anda tidak akan begitu tertarik dengan yoga. Tapi untuk Anda yang mempunyai asam urat tinggi dan ingin menormalkan kadarnya, yoga merupakan latihan yang dapat dicoba. Dengan melakukan yoga, selain merelaksasi tubuh Anda juga bisa menurunkan kadar asam urat.

Gerakan-gerakan yoga bisa membuat otot dan juga sendi aktif tanpa terasa terbebani sehingga rasa nyeri pada sendi juga dapat berkurang. Peredaran darah juga ikut menjadi lebih lancar dan daya tahan tubuh makin meningkat bahkan masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda peroleh bila Anda melakukan yoga secara rutin.

4. Berenang

Berenang juga dapat diandalkan oleh para penderita asam urat. Olahraga ini bisa menurunkan kadar asam urat. Saat asam urat terjadi, maka sendi dan juga otot akan terasa sangat kaku, nyeri dan tidak nyaman. Dengan berenang beberapa kali seminggu, tentu sendi Anda bisa otomatis menjadi lebih lentur.

5. Senam ringan

Beberapa dari kita mungkin membayangkan bahwa senam akan terasa begitu berat untuk penderita asam urat. Tapi kenyataannya tidaklah demikian, asal Anda memilih tingkat yang ringan. Senam ringan disini hanya mencakup peregangan yang bersifat membantu melenturkan tubuh.

Tidak perlu membebani kerja otot serta sendi, lantaran yang Anda perlukan adalah meregangkan tangan, tangan dan bagian tubuh lainnya yang kerap terasa sakit dan kaku. Anda bisa melakukan senam ringan ini setiap pagi dan sore hari. Atau bisa juga pada malam hari sebelum hendak tidur.

Nah itulah beberapa rekomendasi olahraga ringan penurun asam urat paling efektif yang harus dicoba saat kadar asam urat Anda melebihi batas normal. Untuk olahraga yang harus dihindari penderita asam urat yaitu bela diri, voli, bulu tangkis dan tenis karena rentan sekali akan cedera. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

5 Olahraga Ringan Penurun Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp