5 Obat Asam Urat Tradisional

5 Obat Asam Urat Tradisional

5 Obat Asam Urat Tradisional – Banyak sekali gejala yang dimunculkan oleh kadar asam urat tinggi, salah satu yang sering ialah radang sendi asam urat atau yang dikenal dengan istilah gout arthritis. Dalam kondisi seperti ini, maka seseorang memerlukan obat asam urat yang dapat diandalkan.

5 Obat Asam Urat Tradisional

Ada banyak pilihan obat asam urat yang ada di pasaran baik berupa tablet atau berupa bubuk ramuan jamu. Tapi jangan sembarangan dalam menggunakan obat tersebut, lantaran bisa memunculkan efek buruk bagi kesehatan.

Karena itu, konsultasikan selalu pada dokter untuk setiap obat yang akan dikonsumsi. Sebagai alternatif, gunakan obat asam urat tradisional yang bebas efek samping yang akan dipaparkan berikut ini.

  • Jahe

Tahukah Anda, bahwa jahe mempunyai sifat antiinflamasi sehingga banyak yang memanfaatkan jahe sebagai obat asam urat. Cara mengolahnya mudah, yaitu:

  1. Siapkan jahe lalu potong kecil-kecil jahe tersebut.
  2. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, hentikan proses perebusan.
  4. Biarkan air rebusan menjadi hangat.
  5. Setelah hangat minum air rebusan jahe tersebut setidaknya 2 kali sehari.
  • Ceri

Ceri juga dapat membantu mengobati asam urat lantaran memiliki sifat antioksidan. Ceri juga memiliki kandungan anthocyanin yang mampu kurangi peradangan atau inflamasi serta meminimalkan kekambuhan asam urat. Cara mengonsumsinya juga mudah, yaitu:

  1. Untuk penderia asam urat, disarankan mengonsumsi 15-20 ceri per hari
  2. Atau Anda juga bisa meminum segelas jus ceri hitam setiap harinya dengan menambahkan beberapa siung bawang putih yang telah dicincang.
  • Apel

Apel dikenal sebagai buah yang menyehatkan bahkan para ahli menganjurkan konsumsi apel setelah makan. Asam malat yang terkandung dalam apel ternyata bisa membantu menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Dengan begitu, nyeri dan peradangan akibat asam urat bisa diredakan. Bila Anda tak suka makan apel, Anda bisa mencoba mengonsumsi jus apel.

  • Baking Soda

Asam urat tinggi yang mengendap di sendi akan memunculkan peradangan. Nah, baking soda ternyata bisa membantu menurunkan kadar asam urat dan bisa mengurangi rasa nyeri. Berikut cara mengolahnya:

  1. Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air
  2. Minum campuran tersebut 4  kali sehari (tak boleh lebih)
  3. Lakukan sampai 2 minggu. Bagi yang berusia diatas 60 tahun, tak boleh minum lebih dari 3 kali sehari. Hati-hati juga untuk Anda yang mempunyai riwayat darah tinggi.
  • Pisang

Ternyata pisang dapat digunakan sebagai obat asam urat lantaran mengandung potassium tinggi yang bisa melarutkan kristal-kristal asam urat yang mengalami pengendapan di sendi kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran urin.

Disamping itu, pisang juga diperkaya oleh vitamin C yang juga bisa mengurangi rasa nyeri dan peradangan. Konsumsi 1-2 pisang setiap hari, kemudian perhatikan apa yang terjadi.

Demikian pemaparan mengenai 5 Obat Asam Urat Tradisional yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Posted by: beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp