5 Cara Mencegah Peradangan

5 Cara Mencegah Peradangan

5 Cara Mencegah Peradangan – Cukup sulit untuk Anda tahu kapan peradangan dalam tubuh bisa terjadi. Peradangan sendiri sangat berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis.

5 Cara Mencegah Peradangan

Meski sulit mengetahui berbagai pemicu peradangan di dalam tubuh, Anda bisa mencegah atau menjaga agar peradangan bisa tetap terkontrol dengan baik dengan melakukan 5 cara berikut ini.

  • Pijat

Bukan hanya bisa membuat rileks tubuh. pijatan juga bisa mengurangi hormon stress peradangan. Karena pijat memberi manfaat jangka pendek, Anda harus teratur dipijat. Penelitian menunjukkan, pijat kulit kepala selama 15 menit bisa menurunkan kadar kortisol dan tekanan darah.

  • Perbanyak konsumsi rempah-rempah

Manfaat rempah-rempah ternyata bukan hanya sebagai bumbu masak saja. Namun rempah-rempah juga mempunyai kandungan yang bisa memberi perlindungan bagi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Resiko munculnya berbagai macam penyakit dipercaya bisa menurun dengan cara mengkonsumsi rempah-rempah. Manfaat rempah-rempah dikatakan bisa mengurangi kerusakan sel sel tubuh serta melawan peradangan. Hal ini dikarenakan rempah-rempah mengandung bahan kimia yang menyehatkan bernama phytochemical.

  • Hindari penggunaan antibiotik

Sebisa mungkin, Anda harus menghndari penggunaan antibiotik bila tubuh tidak membutuhkannya. Pasalnya, antibiotik bisa meningkatkan tingkat peradangan. Antibiotik bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam usus yang memicu peradangan.

  • Konsumsi telur utuh

Sebenarnya, vitamin D adalah hormon. Dan bila Anda tidak memiliki cukup vitamin D ini, maka tubuh tidak bisa menahan peradangan. Beberapa sumber vitamin D yang tinggi untuk tubuh bisa Anda dapatkan dalam kuning telur, ikan salmon dan ikan tuna.

  • Lakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT

Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) yang fokus pada serangan aktivitas pendek dan intens. Serta diselingi dengan periode pemulihan bisa mengurangi peradangan di hippocampus yaitu bagian otak, tempat emosi kita berasal.

Latihan yang satu ini juga terbukti bisa mengurangi peradangan pada penderita diabetes tipe 2 dan mereka yang mengalami obesitas. Jadi, sebaiknya, lakukan HIIT 3 kali seminggu selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp