4 Gejala Awal Gagal Ginjal yang Sulit Terdeteksi

4 Gejala Awal Gagal Ginjal yang Sulit Terdeteksi

4 Gejala Awal Gagal Ginjal yang Sulit Terdeteksi – Kedudukan ginjal memang sangat berperan penting bagi tubuh manusia. Ginjal sendiri merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk menyaring kotoran dalam darah kemudian mengeluarkannya melalui urine.

4 Gejala Awal Gagal Ginjal yang Sulit Terdeteksi

Bila organ ginjal mengalami masalah, tentu sangat berbahaya hingga darah kotor akan berkumpul menjadi racun dan tubuh pun menjadi tidak sehat. Salah satu kondisi ini memang akan memunculkan risiko penyakit gagal ginjal. Kondisi ini memang menjadi permasalahan yang cukup berat, lantaran kemunculan gagal ginjal tersebut kadang sulit untuk dideteksi.

Bahkan tidak sedikit orang yang masih kecolongan sebab tidak tahunya gejala awal gagal ginjal. Maka dari itu, sangat penting jika Anda mengetahui gejalanya dari penyakit gagal ginjal ini agar mudah terdeteksi. Berikut 4 gejala awal yang mungkin kamu harus ketahui sejak dini :

  • Mudah lelah

Selain berfungsi untuk menyaring kotoran didalam darah, ginjal juga bisa membantu menghasilkan hormon erythropoietin yang berfungsi untuk mengatur oksigen melalui darah.

Namun ketika ginjal mengalami tidak bekerja dengan baik, otomatis produksi hormon tersebut akan menurun hingga membuat diri Anda merasa mudah lelah.

  • Berjerawat

Tak hanya disebabkan oleh pola makanan yang tidak benar, wajah berjerawat juga bisa menjadi penyebab fakta seseorang mengalami gagal ginjal. Meski terlihat aneh, namun hal tersebut bisa muncul lantaran adanya permasalahan dikulit seperti memerah, gatal-gatal atau kulit terasa panas hingga hormon mengalami penumpukan.

  • Susah buang air kecil

Salah satu gejala yang mungkin cukup ngetrand dalam masalah ginjal adalah sulitnya membuang air kecil. Beberapa orang hanya mengira bahwa Anda mengalami gejala kencing batu saja.

Namun jangan salah lho, kondisi tersebut juga bisa menjadi alasan tubuh Anda sedang tidak sehat dan mengalami gagal ginjal. Apalagi jika dibarengi dengan keluarnya air kencing bersama darah, kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan yang lebih serius lagi.

  • Peradangan

Gejala terakhir adalah peradangan. Kondisi ini biasanya akan muncul lantaran ginjal mengalami masalah, hingga membuat retensi cairan didalam tubuh mengalami peradangan. Selain itu, peradangan tersebut akan membuat beberapa bagian tubuh Anda mengalami pembengkakan seperti dibagian perut, wajah, tangan dan kaki.

Demikianlah 4 gejala awal gagal ginjal yang cukup sulit untuk dideteksi. Bila Anda memiliki tanda seperti diatas tadi, segeralah mengunjung dokter sebelum kondisi ginjal tidak semakin parah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat beraktivitas kembali.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp