4 Buah Pencegah Penyakit Stroke

4 Buah Pencegah Penyakit Stroke

4 Buah Pencegah Penyakit Stroke – Saat ini banyak orang yang mengetahui bahwa mengkonsumsi buah-buahan bisa bisa bermanfaat untuk kesehatan. Namun hanya sedikit yang mengetahui bahwa buah juga dapat mencegah penyakit stroke.

4 Buah Pencegah Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah yang membuat aliran darah tidak mencapai otak (stroke hemorrhagik). Umumnya stroke ditandai dengan matinya respon sebagian tubuh akibat rusaknya jaringan otak.

Lembaga American Stroke Association mencatat angka 795.000 orang yang menderita stroke pada tahun 2012. Itu artinya setiap 40 detik ada 1 orang yang terkena stroke. Nah agar Anda terhindar dari penyakit stroke ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah berikut ini.

  • Tomat

Banyak orang mengkonsumsi tomat hanya untuk membuat makanan terasa lebih nikmat. Namun ternyata kandungannya memiliki banyak manfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene, zat yang membuat tomat berwarna merah ini bisa mengurangi risiko stroke pada pria dewasa.

  • Citrus

Mengonsumsi buah citrus dan sejenisnya ternyata bisa menurunkan hingga 19% risiko stroke iskemik yang diakibatkan karena tersumbatnya pembuluh darah ke otak. Mengapa demikian? Karena terdapat kandungan flavonoid di dalamnya.

Disamping itu, buah citrus juga kaya akan kandungan vitamin C dan kalium yang bisa membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan juga stroke.

  • Apel

“Sebutir apel setiap hari, Anda tidak akan pernah ke dokter” begitulah pepatah barat mengatakan. Ya, memang banyak para ahli gizi menyetujui hal tersebut. Karena ternyata sebutir apel setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit stroke hingga 50%.

Lantaran buah apel diperkaya kandungan quercetin yang terbukti bisa mengatasi peradangan. Tentu hal ini cukup relevan, mengingat bahwa pengerasan pembuluh darah kerap kali terjadi diakibatkan karena peradangan.

  • Pisang

Pisang kaya akan kandungan kalium, hal inilah yang menjadi salah satu alasan Anda harus memasukkan pisang ke dalam menu makan siang Anda. Hasil penelitian juga menunjukan jika diet rendah kalium (kurang dari 1.5 gr perhari) bisa meningkatkan risiko terkena penyakit stroke hingga 28%.

Karena itu, Anda harus memperbanyak konsumsi pisang agar kebutuhan kalium dapat terpenuhi sehingga resiko terkena penyakit stroke bisa berkurang.

Nah itulah 4 Buah Pencegah Penyakit Stroke. Setelah mengetahuinya, pasti Anda langsung terpikir untuk mulai mengkonsumsi buah-buahan tersebut. Sekian dan semoga membantu.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp