3 Rempah Paling Mujarab Sebagai Penurun Gula Darah

3 Rempah Paling Mujarab Sebagai Penurun Gula Darah

3 Rempah Paling Mujarab Sebagai Penurun Gula Darah – Siapapun sangat diwajibkan untuk mempertahankan kadar gula darah normal bila ingin menikmati kesehatan yang baik. Pasalnya, kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit jika terus dibiarkan.

3 Rempah Paling Mujarab Sebagai Penurun Gula Darah

Untuk mendapatkan kadar gula darah normal, Anda harus menerapkan pola makan sehat, melakukan olahraga teratur, tidak merokok, menjaga berat badan ideal serta mengonsumsi obat.

Selain mengandalkan obat dokter untuk mengendalikan gula darah, Anda juga dapat mencoba menggunakan rempah untuk mengendalikan gula darah. Berikut ini merupakan 3 jenis rempah untuk membantu menormalkan gula darah.

  • Cengkih

Cengkih mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu menurunkan gula darah. Cengkih juga bisa membantu mencegah berbagai komplikasi akibat gula darah tinggi seperti gangguan ginjal, penyakit mata, penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.

Sebuah riset di tahun 2006 yang dimuat oleh Journal of The Federation of American Societies For Experimental Biology menunjukan bahwa asupan harian 1 hingga 3 gram cengkih bisa bermanfaat bagi pengidap diabetes untuk mengendalikan gula darah dan kolesterol mereka.

Anda dapat memanfaatkan cengkih dengan cara menggunakannya sebagai bumbu masak atau kunyah beberapa cengkih setiap hari.

  • Jahe

Jahe memiliki kemampuan anti diabetik, hipolipidemik dan anti oksidatif yang bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Jahe juga bisa memperbaiki sensitivitas insulin, mengurangi oksidasi dan menurunkan kolesterol. Bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Riset tahun 2014 yang dimuat oleh Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa mengonsumsi 1 gram kapsul bubuk jahe setiap hari selama 8 minggu terbukti bermanfaat bagi pasien diabetes tipe 2. Berikut ini cara mendapat manfaat jahe:

  1. Konsumsi 2-3 gelas teh jahe setiap hari
  2. Pakai jahe segar atau jahe yang telah dikeringkan sebagai bumbu masak
  3. Atau konsumsi suplemen jahe, namun konsultasikan terlebih dulu dengan dokter
  • Bawang Putih

Bawang putih juga bisa mengendalikan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kemampuan anti diabetik dan hipolipidemik. Didalamnya terkandung senyawa sulfur yang bisa melindungi dari berbagai kerusakan oksidatif.

Bahkan dalam penelitian Journal of Diabetes & Metabolic Disorders pada tahun 2014, menunjukan bahwa bawang putih bisa membantu pengobatan diabetes dan penyakit kardiovaskular terkait. Cara mendapatkan manfaat dari bawang putih cukup mudah.

Konsumsi 2 hingga 3 siung bawang putih setiap hari saat perut kosong. Atau gunakan bawang putih sebagai bumbu masak atau konsumsi suplemen bawang putih namun konsultasikan dulu ke dokter.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp