3 Obat Luka Bakar Alami

3 Obat Luka Bakar Alami

3 Obat Luka Bakar Alami – Terkena cipratan minyak saat memasak, terkena setrika, tersudut rokok, tersenggol knalpot motor atau terlalu lama terpapar oleh sinar matahari dapat membuat kulit menjadi terbakar.

3 Obat Luka Bakar Alami

Luka bakar dibagi menjadi 3 tingkat yaitu ringan, sedang dan parah. Derajat luka bakar akan menentukan pengobatan yang dilakukan. Luka bakar tingkat 1 yang cukup luas, luka bakar tingkat 2 dan 3 harus segera diatasi oleh dokter.

Sementara untuk luka bakar tingkat  1 atau ringan dapat diobati mengunakan obat luka bakar alami karena hanya sebabkan kerusakan minimal di kulit bagian luar. Berikut obat luka bakar alami tersebut.

  • Air dingin

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat kulit terbakar yaitu membasahinya menggunakan air dingin. Air dingin disini bukan air es, tapi air bersuhu sejuk. Basahi kulit yang terbakar selama 10-20 menit sampai rasa perih mereda.

Atau bisa juga dengan menaruh handuk yang sudah direndam di dalam air dingin selama 5-15 menit. Namun ingat, jangan terlalu lama atau terlalu sering mengompres kulit dengan air dingin. Lantaran dapat memperparah iritasi.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat anti inflamasi atau anti peradangan, bisa merangsang penyembuhan luka, melembabkan kulit dan mencegah perkembangan bakteri. Bahkan ada satu riset yang menunjukkan bila gel lidah buaya cukup ampuh obati luka bakar.

Karena itulah, tak salah bila lidah buaya ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar. Untuk mengatasi luka bakar, disarankan mengoleskan gel lidah buaya asli langsung ke bagian kulit yang terbakar.

  • Madu

Madu mengandung anti bakteri, anti radang dan anti jamur sehingga madu dipercaya dapat mengobati luka bakar secara alami. Ada juga studi yang menunjukkan bila madu memang berguna untuk mengatasi luka bakar ringan dan bisa membantu mempercepat penyembuhan luka bakar. Tapi hal ini masih memerlukan bukti dan penelitian yang lebih lanjut.

Selain 3 obat luka bakar alami di atas, anda juga bisa menggunakan obat medis seperti salep anti biotik atau obat pereda rasa nyeri. Krim dan salep anti biotik dapat membantu mengurangi infeksi. Caranya oleskan salep ke kulit yang terbakar lalu tutup dengan kasa steril atau sesuai dengan arahan dari dokter.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp