3 Kebiasaan Orang Dewasa yang Memicu Diabetes

3 Kebiasaan Orang Dewasa yang Memicu Diabetes

3 Kebiasaan Orang Dewasa yang Memicu Diabetes – Tahukah Anda, bahwa diabetes merupakan suatu penyakit yang paling umum terjadi terutama orang dewasa. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula dalam darah. Berikut ini, 3 kebiasaan yang mungkin sering diabaikan yang ternyata bisa memicu Anda mengalami diabetes.

3 Kebiasaan Orang Dewasa yang Memicu Diabetes

  • Makan nasi tiga kali sehari

Orang Indonesia, mungkin sudah menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Namun sayangnya, menurut beberapa riset, nasi dapat meningkatkan risiko diabetes.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi nasi rata-rata lebih dari lima kali dalam sehari, 17% ia akan mengalami diabetes dibandingkan mereka yang hanya mengkonsumsi nasi sebanyak satu kali.

Meski belum diketahui apa alasannya, namun beberapa ahli gizi menyatakan bahwa nasi memiliki karbohidrat sederhana yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Disamping itu, kadar indeks glikemik pada nasi putih memiliki 86%. Sehingga kedua hal itulah yang membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat.

  • Hobi minum kopi dan teh

Saat suasana sedang stress, kebiasaan orang dewasa ialah mengkonsumsi teh atau kopi. Meski kenyataannya bukan disebabkan karena mengkonsumsi kopi atau teh, melainkan berapa banyak gula pasir yang mereka masukkan kedalam cangkir teh atau kopi tersebut.

Pasalnya gula mengandung karbohidrat sederhana yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka risiko diabetes pun akan meningkat dan berat badan pun dapat melonjak dengan mudah.

  • Malas bergerak

Tahukah Anda, bahwa orang Indonesia ternyata memiliki kebiasaan yang sangat buruk yaitu malas untuk bergerak atau jalan kaki.

Penting diketahui, kebanyakan duduk akan membuat otot-otot besar Anda mengalami penurunan. Sehingga membuat kadar gula dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh menurun sebab tubuh mengira bahwa Anda tak membutuhkan lagi energi.

Kondisi ini tentu saja cukup berbahaya, sebab lemak dan kolesterol akan mengalami penumpukan hingga kadar gula darah pun dapat meningkat secara drastis.

Itulah 3 kebiasaan orang Indonesia, yang memungkinkan mereka dengan sangat mudah terkena risiko diabetes. Maka dari itu, jauhi 3 perkara ini sebab akan memperburuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp