22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat

22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat

22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat – Asam urat adalah jenis penyakit persendian yang disebabkan karena kristal asam urat menumpuk di dalam sendi. Kristal asam urat terbentuk akibat jumlah zat asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh lebih kecil daripada yang diserap oleh tubuh. Seharusnya zat asam urat tersebut dikeluarkan dari tubuh melalui organ ginjal dalam bentuk urine.

22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat

Menumpukan kristal asam urat dalam tubuh tersebut dikarenakan tubuh terlalu banyak mengasup makanan berpurin tinggi seperti daging dan jeroan. Penyembuhan asam urat tidak bisa dilakukan dengan cepat. Namun bagi anda yang idap penyakit asam urat, sebaiknya hindari berbagai jenis makanan yang mengandung purin agar tidak memperparah kondisi asam urat Anda.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah asam urat bertambah parah adalah dengan mengonsumsi jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Dengan kata lain, tidak berpotensi memperparah penyakit asam urat. Nah, berikut adalah 22 jenis sayur untuk penderita asam urat.

1. Tomat

Tomat adalah jenis sayur yang ternyata mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk penderita asam urat. Kandungan tersebut adalah vitamin C. Vitamin C dalam tomat bisa mengontrol kadar asam urat dalam darah. Selain itu, tomat juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa mengatasi peradangan pada sendi akibat asam urat.

2. Mentimun

Mentimun sangat aman dikonsumsi penderita asam urat, karena memiliki purin yang sangat sedikit. Mentimun dipercaya bisa menghilangkan kelebihan asam urat karena di dalamnya mengandung sifat diuretik, analgesik dan mengandung senyawa yang bisa meningkatkan fungsi pencernaan.

3. Wortel

Wortel juga bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena tidak mengandung purin yang tinggi. Kandungan utama yang ada di dalam wortel yaitu vitamin A, vitamin K, magnesium, folat dan serat yang dapat digunakan sebagai terapi untuk menurunkan kelebihan kadar asam urat di dalam darah.

4. Kentang

Kentang juga termasuk salah satu sayuran yang sangat ideal untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat karena bisa membantu meringankan gejala.

5. Jagung

Jagung tidak mengandung zat purin sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mengonsumsi rebusan jagung secara rutin ternyata bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

6. Daun Seledri

Daun seledri yang biasa digunakan sebagai pelengkap dalam masakan ini ternyata bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar asam urat. Glikosida yang terkandung dalam daun seledri mampu mengatasi masalah persendian secara efektif.

7. Ekstrak Biji Seledri

Selain daunnya, biji seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi menurunkan kadar asam urat. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau bisa juga membeli di toko obat.

8. Sawi Putih

Kandungan Fitonutrient dalam sawi putih mempunyai manfaat untuk mengurangi kadar aam urat dengan cara melancarkan sistem ekskresi.

9. Lobak

Sayuran yang satu ini memiliki sifat diuretik kuat yang bisa merangsang ginjal untuk menghasilkan lebih banyak urine. Hal ini tentu bisa membantu pengeluaran kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

10. Labu Kuning

Dibalik kelezatannya, labu kuning ternyata bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Antioksidan yang ada dalam labu kuning bisa menangkal radikal bebas termasuk zat asam urat. Meski belum ditemukan penelitian yang pasti mengenai manfaat labu kuning untuk penderita asam urat, tapi sudah banyak yang percaya bahwa labu kuning memang aman dikonsumsi penderita asam urat.

11. Daun Serai

Daun yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan sehingga bisa membantu keluhan penyakit asam urat.

12. Daun Selada

Daun selada diperkaya oleh kandungan vitamin A, C, E dan K, magnesium, mangan, kalsium, zat besi, fosfor, seng, asam folat, beta karoten dan natrium yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat.

13. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga termasuk jenis sayur yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Di mana vitamin C yang terkandung dalam belimbing wuluh inilah yang bisa meredakan penyakit asam urat.

14. Kubis

Kubis mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh penderita asam urat. Karena serat bisa membantu menyerap kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh.

15. Sidaguri

Sidaguri sudah sejak lama diyakini bisa menyembuhkan penyakit asam urat. Kandungan steroid pada sidaguri berperan sebagai anti inflamasi atau anti radang yang bisa meredakan rasa sakit pada penderita asam urat.

16. Pare

Pare merupakan jenis sayur yang terkenal dengan rasanya yang pahit. Tapi tahukah Anda, pare justru bermanfaat untuk penderita asam urat. Kandungan vitamin C dalam pare bisa membantu mengatasi pembengkakan asam urat.

17. Jahe

Jahe mengandung komponen aktif Gingerol yang bisa mengurangi produksi enzim yang menyebabkan peradangan termasuk dalam kasus peradangan akibat asam urat. Gingerol bekerja dengan cara menghambat sinyal yang dikirim ke otak yang sebabkan rasa nyeri sehingga dapat redakan nyeri pada penderita asam urat.

18. Kacang panjang perancis

Meski tidak mempunyai manfaat yang spesifik, tapi kacang ini cukup aman bila dikonsumsi penderita asam urat kaerna mengandung purin yang rendah.

19. Peterseli

Peterseli juga bisa menghilangkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh karena bersifat diuretik. Namu batasi penggunaannya, karena peterseli menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, mual, ruam dan kerusakan hati.

20. Kacang Pinto

Kacang pinto ternyata sudah lama dipercaya sebagai penurun kadar asam urat. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

21. Brokoli

Sayur ini sudah tak asing lagi di lidah, rasanya yang lezat membuat brokoli banyak disukai. Dibalik rasa lezatnya tersebut, ternyata sayur ini aman dikonsumsi penderita asam urat dan dipercaya bisa mengatasi asam urat.

22. Daun Salam

Daun salam mengandung zat antioksidan, salisilat, flavonoid, fitonutrien dan vitamin A serta vitamin C sehingga bisa membantu menurunkan kadar asam urat.

Itulah 22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat. Dengan menjaga pola makan, ternyata bisa memberi efek positif yang signifikan untuk tubuh. Juga bisa membantu penyembuhan penyakit asam urat Anda.

Posted by beritaharianmu.com

22 Jenis Sayur untuk Penderita Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp