10 Pertolongan Pertama Pada Asam Urat

10 Pertolongan Pertama Pada Asam Urat

10 Pertolongan Pertama Pada Asam Urat – Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena penumpukan zat purin dalam tubuh. Dulu, penyakit ini sering dianggap sebagai penyakit orang tua lantaran kebanyakan penderitanya dari kalangan orang tua.

10 Pertolongan Pertama Pada Asam Urat

Namun sekarang, banyak juga orang di usia muda sudah menderita asam urat. Hal ini disebabkan karena gaya hidup yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung purin.

Purin yang sudah menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh bisa memunculkan gejala-gejala asam urat secara tiba-tiba. Lantas bagaimana bila gejala tersebut terjadi pada Anda? Berikut merupakan 10 pertolongan pertama ketika asam urat kambuh yang bisa dilakukan.

  • Gunakan Anti Nyeri

Gejala asam urat yang paling mengganggu adalah rasa nyeri yang berlebihan. Nyeri, seringkali dirasakan di bagian sendi dan bisa sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Nyeri juga dapat disertai dengan bengkak dan juga kemerahan pada sendi. Nah untuk mengatasi hal ini ada baiknya segera mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa Anda temukan di toko obat atau apotek terdekat.

  • Kompres Menggunakan Air Dingin

Jika gejala asam urat seperti nyeri sendi tiba-tiba kambuh, Anda dapat mengompres bagian sendi yang terserang asam urat tersebut dengan air dingin. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi rasa nyerinya. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengompres sendi dengan air dingin.

Cara pertama, menggunakan handuk yang direndam ke dalam air dingin. Cara kedua, menggunakan plastik yang di isi dengan es batu. Anda dapat mencobanya selama 10-15 menit. Jangan terlalu lama karena dapat merusak saraf serta jaringan kulit.

  • Naikkan Kaki yang Terasa Nyeri

Cara ini dapat mengurangi pembengkakan di daerah persendian serta bisa mengurangi rasa nyeri. Akan jauh lebih efektif bila menaikkan kaki diikuti dengan mengompres kaki tersebut dengan air dingin.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang bisa membuat kondisi asam urat makin parah. Jadi, disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih agar Anda bisa mencegah kadar asam urat semakin parah karena dengan sering minum air putih dapat mempercepat pengeluaran asam urat melalui urin. Selain itu, air putih juga mengurangi risiko terkena penyakit ginjal.

  • Konsumsi Baking Soda

Baking soda dipercaya bisa meluruhkan kristal asam urat sehingga cocok sekali digunakan ketika Anda terserang asam urat.

  • Gunakan Minyak Gosok

Jika asam urat sewaktu-waktu kambuh, Anda bisa menggunakan minyak gosok. Gunakan minyak gosok untuk meredakan rasa nyeri. Namun ingat, jangan berlebihan menggunakan minyak gosoknya karena dapat terasa sangat panas di bagian sendi.

  • Hindari Makanan Berpurin Tinggi

Salah satu faktor utama yang sebabkan asam urat dalam tubuh meningkat secara tiba-tiba adalah terlalu banyak asupan purin yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, hindari berbagai jenis makanan dan minuman yang di dalamnya terkandung purin tinggi seperti jeroan, daging merah, seafood, alkohol dan masih banyak lagi.

  • Konsumsi Teh

Teh merupakan salah satu pertolongan pertama pada asam urat yang cukup efektif digunakan. Teh mengandung anti inflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan. Namun teh memiliki sifat diuretik yang sebaiknya dihindari bila Anda memiliki gangguan ginjal lantaran dapat memperparah kondisi ginjal.

  • Gunakan Tongkat

Memanfaatkan tongkat juga menjadi salah satu cara yang bisa Anda coba saat asam urat menyerang secara tiba-tiba karena bisa membantu kurangi tekanan dan nyeri pada sendi.

  • Konsumsi Obat Herbal untuk Asam Urat

Saat asam urat tiba-tiba menyerang, Anda bisa mengonsumsi obat herbal. Carilah obat yang bisa menurunkan kadar asam urat serta memiliki efek anti inflamasi agar bisa kurangi peradangan yang terjadi pada sendi akibat asam urat.

Nah itulah 10 Pertolongan Pertama Pada Asam Urat yang paling ampuh. Anda bisa mencobanya apabila sewaktu-waktu kadar asam urat meningkat dan gejalanya menyerang. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat dengan WhatsApp