Tips Puasa Bagi Penderita Asam Urat

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Urat

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Urat – Penderita asam urat masih tetap bisa berpuasa asal memerhatikan kadar asam uratnya. Sacara normal, kadar asam urat pada pria berkisar antara 3,5–7 mg/dl dan 2,6–6 mg/dl pada wanita. Bila kadar asam urat pada tubuh sangat tinggi dan atau gejala yang dimunculkan sangat parah, maka ada baiknya menunda berpuasa hingga kondisi membaik.

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Urat

Hal yang penting bagi Anda penderita asam urat dan  ingin berpuasa yaitu cukup dengan mengkonsumsi 1,5–2 liter air. Saat berbuka puasa, hendaknya Anda hindari konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi di dalamnya seperti jeroan, udang, kerang, remis, ragi, ikan sarden, ekstrak daging (abon dan dendeng), alkohol dan makanan kaleng.

Inilah anjuran porsi makanan yang baik bagi penderita asam urat saat puasa :

  • Tinggi karbohidrat

Karbohidrat harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalori. Jenis karbohidrat komplek, seperti roti, ubi, nasi, roti, singkong sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita asam urat sebab bisa tingkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Karbohidrat sederhana harus Anda kurangi. Hal tersebut ada pada sirup, permen, gula. Jika terus menerus dikonsumsi, bisa tingkatkan kadar asam urat serum.

  • Penyesuaian kalori dengan karbohidrat

Pemasukan kalori harus disesuaikan dengan tinggi dan berat badan. Bila penderita dengan berat badan gemuk, menurunkan berat badan sangat perlu dilakukan dengan tetap disesuaikan kebutuhan kalorinya. Jika kalori dalam tubuh berkurang, maka bisa meningkatkan asam urat dalam serum.

Bagi penderita yang tengah menjalani aktivitas puasa atau diet ketat Anda harus mulai memerhatikan jumlah kalorinya. Karena dikhawatirkan bila diet terlalu ketat, mampu mengakibatkan penderitanya kekurangan kalori dan pada akhirnya malah akan meningkatkan kadar asam urat dalam serum darah.

  • Rendah protein

Protein diketahui mampu tingkatkan produksi asam urat, terlebih protein hewani. Makanan dengan sumber protein tinggi hati, ginjal, paru, otak, limpa dan jerohan lainnya. Sumber protein yang sangat disarankan ukonsumsi seperti nabati, yaitu yang berasal dari tumbuhan.

  • Rendah lemak

Lemak bisa mencegagh pengeluaran asam urat melalui urine. Oleh karena itu, penderita gout harus menjalankan diet rendah lemak. Makanan yang digoreng, margarin, mentega, bersantan, jerohan sebaiknya dihindari.

  • Perbanyak Buah

Buah–buahan yang mengandung banyak air di dalamnya sangat baik untuk dikonsumsi. Buah–buahan tersebut dapat Anda terapkan. Anda gunakan seperti nanas, melon, blewah, jambu air, pepaya. Sebetulnya selain durian dan alpukat, semua jenis buah bisa dengan bebas dikonsumsi, sebab alpukat dan durian banyak mengandung lemak, yang pada akhirnya mampou meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Nah, itulah tips puasa bagi penderita asam urat. Semoga dengan adanya informasi tips di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Salam sehat keluarga Indonesia😃

Post by : Berita Harianmu

Tips Puasa Bagi Penderita Asam Urat

Updated: 06/06/2017 — 9:51 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme