Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh

Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh

Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh – Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena tubuh kelebihan zat yang bernama purin sehingga produksi asam urat yang berasal dari purin tersebut semakin meningkat.

Tips Agar Asam Urat Tidak Kambuh

Ini menyebabkan asam urat dalam darah tidak bisa dikeluarkan lewat urin secara maksimal. Alhasil, asam urat yang tidak dikeluarkan lewat urin tersebut, mengendap di tubuh dalam bentuk peradangan di persendian.

Untuk Anda yang sudah menderita penyakit asam urat, terkadang nyeri di persendian dan area organ tubuh tertentu kerap menyerang sehingga menyebabkan aktifitas Anda terganggu. Nah, berikut adalah beberapa tips agar asam urat tidak kambuh.

  • Tidak melakukan aktifitas terlalu berat

Aktifitas yang terlalu berat justru bisa menyebabkan otot-otot bekerja secara berlebihan sehingga bukan manfaat yang bagus yang akan didapatkan melainkan sebaliknya. Berhubungan dengan asam urat merupakan sumber serangannya yaitu persendian, maka aktifitas yang terlalu berat harus dijauhi.

Bagian tubuh yang biasa terkena asam urat sewaktu-waktu bisa kambuh lantaran kondisi tubuh yang terlalu lelah. Orang sehat sekalipun jika melakukan aktifitas melebihi batas kemampuannya bisa mengalami kelelahan bahkan cedera dan nyeri. Lalu bagaimana bagi yang sudah memiliki riwayat asam urat. Bisa Anda bayangkan bukan?

  • Rajin olahraga

Salah satu gaya hidup sehat agar asam urat tidak kambuh adalah berolahraga. Manfaat olahraga untuk penderita asam urat sendiri di antaranya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan otot serta kepadatan tulang.

Anda dapat melakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5-10 menit kemudian lakukan latihan inti selama 20 menit lalu pendinginan selama 5-10 menit. Olahraga juga sebenarnya tidak harus dilakukan setiap hari, Anda dapat melakukannya 3-5 kali dalam seminggu.

  • Minum air putih

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa air putih dapat menurunkan kadar asam urat. Sehingga air putih bisa juga mencegah agar asam urat tidak kambuh.

  • Menghindari makanan yang menyebabkan asam urat tinggi

Makanan penyebab asam urat tinggi yaitu makanan yang kaya akan kandungan purin. Contoh makanan berpurin tinggi antara lain jeroan, udang, remis, sarden, kerang, alkohol, keju, daging, telur, kacang-kacangan, durian dan lainnya.

  • Bisa mengatur stres

Stres berkaitan dengan kondisi psikologis. Bila kondisi jika Anda baik, selalu merasa positif maka bisa memberikan daya positif juga pada tubuh Anda. Tapi sebaliknya, bila Anda selalu memikirkan hal-hal yang bisa memberatkan pikiran maka bisa berakibat tidak baik pula terhadap kesehatan.

Sebab itulah, Anda harus bisa mengatur stres agar selalau merasa positif sehingga memberi ketenangan. Selalu berpikir positif bahwa penyakit asam urat bukanlah suatu kendala atau kekurangan, yakinkan diri bahwa Anda dapat segera sembuh.

  • Mengontrol kadar asam urat

Anda harus mengontrol kadar asam urat dengan cara mengeceknya di rumah sakit terdekat. Ini tujuannya untuk mengetahui kadar asam urat apakah semakin naik atau semakin turun dan normal.

Sehingga, pola hidup yang mungkin menyebabkan asam urat kambuh dapat dikurangi dengan mengetahui kadar asam urat dalam darah tersebut. Dengan mengontrol kadar asam urat juga, Anda bisa mengetahui tingkat stadium asam urat.

  • Menghindari obat-obatan yang sebabkan asam urat kambuh

Agar asam urat tidak kambuh, Anda harus berhati-hati agar tidak mengonsumsi obat yang sebabkan kadar asam urat naik. Obat-obatan seperti thiazide yang dikhususkan untuk mengurangi tekanan darah bisa memicu asam urat naik. Sebelum mengonsumsi obat tersebut, tentu sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter.

Nah itulah beberapa tips agar asam urat tidak kambuh yang bisa Anda terapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp