Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Tidak ada komentar 32 views

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat –  Asam urat merupakan kristal yang terbentuk sebagai hasil dari metabolisme zat purin. Zat purin terdapat di dalam bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging, sayuran, dan buah-buahan.

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi bila kadar asam urat berlebihan. Tubuh manusia telah menyediakan 85 persen senyawa purin untuk kebutuhan sehari hari, yang artinya kebutuhan purin dari makanan hanyalah sekitar 15 persen.

Normalnya, asam urat dihasilkan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin dan feses. Proses pembuangan ini diatur oleh ginjal, organ tubuh yang berfungsi untuk mengatur kestabilan kadar asam urat pada tubuh. Tetapi, bila kadar asam urat berlebihan, ginjal bisa kewalahan saat mengaturnya sehingga kelebihan kristal asam urat menumpuk pada persendian. Inilah penyebab persendian Anda terasa nyeri dan membengkak.

Bahaya Asam Urat!

Pada kasus asam urat yang parah, penderita sampai tidak mampu untuk berjalan (mengalami lumpuh) karena persendian terasa sangat nyeri bila digerakan. Tulang disekitar sendi juga dapat mengalami pengapuran tulang atau keropos.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan asam urat tinggi dalam darah, yaitu dengan melakukan pengobatan secara modern atau tradisional. Untuk pengobatan secara modern, selain mengonsumsi obat-obatan kimia, pengobatan juga dilakukan melalui program rehabilitasi. Tetapi, cara pengobatan modern ini cukup dihindari oleh sebagian orang karena dampak negatif dari obat obatan kimia yang digunakan.

Pengobatan secara tradisional menjadi alternatif pengobatan yang dipilih oleh mereka yang menghindari pengobatan secara modern atau medis. Mengatasi penyakit asam urat dengan tanaman obat perlu Anda coba, selain sederhana, kandungan pada tanaman obat asam urat juga terbukti mampu mencegah cacat sendi dan komplikasi pada ginjal atau organ tubuh lainnya, tapi tentu harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk menghindari hal buruk seperti alergi dan ketidakcocokan tanaman obat yang digunakan.

Obat tradisional ialah obat-obatan yang diolah dari bahan herbal alami seperti daun, akar-akaran, maupun bagian lainnya. Dan menurut hasil penelitian ada sejumlah tanaman yang mempunyai senyawa antiradang dan senyawa aktif yang mampu kurangi kadar asam urat tinggi pada tubuh, yaitu salah satunya tanaman sidaguri

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Sidaguri dikenal sebagai gulma dilahan budidaya, tapi ternyata daun, batang dan bunga sidaguri mempunyai manfaat kesehatan.

Secara empiris, sidaguri dipergunakan untuk meluruhkan kadar asam urat. Dengan menurunnya metabolisme tubuh, maka kemampuan tubuh untuk mengubah protein menjadi nutrisi pun akan menurun. Protein malah diubah menjadi purin yang menyebabkan kadar asam urat.

Menurut Prof. Dr Anas Subarnas, Msc, Apt, dari Fakultas Farmasi UNPAD, konsumsi sidaguri mampu membantu mencegah asam urat. Senyawa aktif turunan benzofinon glikosida mencegah pembentukan poxanthine penyebab asam urat.

Senyawa aktif dalam tanaman sidaguri :

  • Daun : alkaloid, saponin, tanin, kalsium oksalat, asam amino, fenol, minyak atsiri
  • Akar : alkaloid, efedrine dan steroid
  • Batang : tanin dan kalsium oksalat

Cara mengolah tanaman sidaguri untuk Asam Urat :

  • 60 g akar sidaguri yang dipotong kecil-kecil
  • rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas
  • setelah ditiriskan, saring dan minum 1 kali sehari setiap pagi

Untuk lebih efektif, ramuan tanaman sidaguri ini sebaiknya dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti daun alpukat, umbi daun dewa, pegagan, dan mahkota dewa. Dengan kombinasi bahan yang tepat, maka kadar asam urat tinggi bisa lebih cepat dinormalkan.


Post by : Berita Harianmu

Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Tanaman Sidaguri untuk Asam Urat"