Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat – Asam urat adalah penyakit yang muncul akibat adanya penumpukan purin dalam tubuh yang terlalu tinggi. Sehingga membuat kinerja dan fungsi ginjal terhambat. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan merasakan nyeri di bagian persendiannya.

Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat

Apabila Anda menderita penyakit asam urat, ada banyak terapi untuk menurunkan purin tersebut dan meredakan rasa nyeri akibat asam urat. Salah satu terapi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tanaman herbal. Berikut beberapa tanaman yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat, di antaranya:

  • Rosella

Rosella merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Amerika. Tapi sudah banyak tumbuh di Indonesia. Rosella diketahui bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat mengolahnya menjadi teh atau jus.

Bila ingin membuat rosella menjadi teh, Anda hanya perlu menjemur tanaman ini terlebih dahulu selama dua hari. Kemudian, pisahkan antara kelopak, biji dan lidah rosellanya. Selanjutnya, cuci rosella hingga bersih lalu tumbuk hingga halus. Anda dapat menyeduh teh menggunakan serbuk rosella yang telah ditumbuk.

Bila Anda ingin membuatnya menjadi jus, Anda bisa mengeringkan rosella terlebih dahulu lalu direndam dalam air panas selama sekitar 10 menit. Setelah itu, pisahkan air dan daunnya. Anda dapat membuat jus dari rosella yang telah direndam dengan air panas tersebut.

  • Sambiloto

Sambiloto juga dikenal sebagai jenis tanaman yang dipercaya bisa menangani masalah asam urat karena mempunyai sifat diuretik (peluruh urin). Untuk membuatnya menjadi obat asam urat, Anda dapat menyiapkan rebusan sambiloto yang dicampur dengan kunyit. Agar lebih efektif, Anda bisa mengonsumsinya 3x sehari.

  • Seledri

Jenis tanaman yang satu memiliki kandungan yang bisa mengurangi kadar asam urat seperti kalsium, fosfor, flavonoid, zat besi, vitamin A, C, dan B1, glikosida serta apiol. Zat yang paling efektif menangani asam urat adalah glikosida.

Cara membuat seledri menjadi obat asam urat juga cukup mudah, caranya rebus 1 sendok biji seledri menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai rebusan airnya tersisa satu gelas. Setelah tersisa satu gelas hentikan proses perebusan dan biarkan air rebusan tersebut dingin. Baru setelah dingin, Anda dapat mengkonsumsinya. Akan sangat efektif jika Anda memincum 2-3 kali perhari.

Demikian informasi yang bisa kami tulis mengenai Tanaman Herbal untuk Obat Asam Urat. Ada baiknya Anda segera memutuskan tanaman mana yang cocok yang bisa Anda minum untuk menurunkan kadar asam urat secara alami. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp