Tanaman Daun Pandan untuk Obat Asam Urat

Tanaman Daun Pandan untuk Obat Asam Urat – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang sering ditandai dengan adanya pembengkakan dan juga nyeri seperti tertusuk jarum pada daerah persendian seperti jari kaki, jari tangan, pergelangan tangan dan lainnya.

Umumnya, jika penyakit ini kambuh akan terjadi selama 3-10 hari. Akan tetapi jika sudah lebih dari dua pekan kondisi masih saja belum mereda, kami sarankan untuk segera melakukan pengobatan.

Pengobatan dilakukan bukan hanya untuk meredakan nyeri saja, tapi juga untuk menghindari berbagai komplikasi berbahaya seperti salah satunya lumpuh atau cacat. Pada beberapa kasus, bahkan pengidap asam urat mengalami penyakit batu ginjal yang mengancam kematian.

Tanaman Daun Pandan untuk Obat Asam Urat

Tanaman Daun Pandan untuk Obat Asam Urat

Daun pandan (pandanus amarylifolisu) banyak dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan pewarna dan juga pewangi alami pada makanan. Daun pandan bisa memberi warna hijau kekuningan dan wangi khas yang menggugah selera.

Tanaman asli dari Asia Tenggara ini, tergolong ke dalam jenis tumbuhan monokotil yang bisa tumbuh dimana saja dengan mudah. Daun pandan yang memiliki bentuk seperti bilah pedang memanjang ini tidak sulit dicari.

Memang, banyak sekali yang memanfaatkan daun pandan sebagai bahan pada produk kuliner. Tapi bagaimana jika daun pandan ini digunakan sebagai bahan pada produk obat herbal? Mungkin agak aneh saat mendengarnya.

Tapi dibalik warna hijau dan aroma khasnya tersebut, siapa sangka daun pandan bisa mengatasi penyakit asam urat. Dengan demikian, tidak heran apabila tanaman yang satu ini masuk ke dalam kategori tanaman obat herbal.

Apa alasan daun pandan mampu mengatasi asam urat? Daun pandan mengandung enzim kimia berupa flavoida‚ alkaloid‚ tanin‚ saponin dan polifenol. Di mana beberapa kandungan enzim tersebut dapat secara aktif membantu memperlancar sistem pencernaan, mengatur metabolisme tubuh dan juga mengolah purin.

Sehingga, asam urat pada persendian tidak lagi mengalami penumpukan. Beberapa kandungan lain seperti antioksidan bisa berperan sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Berikut cara membuat ramuan tanaman daun pandan untuk obat asam urat

  • Sediakan satu helai daun pandan yang sudah dibersihkan.
  • Siapkan satu liter air mendidih.
  • Setelah mendidih, pertama masukan terlebih dahulu 100 gram gula merah.
  • Kemudian 2 potong jahe yang sudah ditumbuk.
  • Lalu masukan sehelai daun pandan yang sudah dipotong–potong.
  • Aduk sampai semua bahan larut dan air berubah warna menjadi coklat kehijauan.
  • Sajikan untuk 5 gelas dan santap selagi hangat.
  • Konsumsi secara rutin.

Itulah tadi informasi mengenai Tanaman Daun Pandan untuk Obat Asam Urat. Bagi Anda yang ingin sembuh dari asam urat secara alami, ada baiknya segera coba tips mudah di atas ya, semoga bermanfaat 🙂

sumber : beritaharianmu.com

Save

Updated: 07/09/2017 — 10:27 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme