Tanaman Bandotan untuk Obat Asam Urat

Tanaman Bandotan untuk Obat Asam Urat – Bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan mungkin sudah tak asing dengan tanaman bandotan. Di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama Babandotan. Jenis tanaman liar yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan karena pertumbuhannya bisa dimana saja.

Meski tanaman ini akan mengeluarkan bau yang tak sedap saat daunnya menjadi layu namun ternyata bandotan ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini termasuk tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk mengobati salah satu jenis penyakit berat yaitu asam urat.

Tanaman Bandotan untuk Obat Asam Urat

Tanaman Bandotan untuk Obat Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi akibat tubuh kelebihan purin. Purin sendiri dihasilkan secara alami oleh tubuh dan juga bisa bersumber dari makanan yang kita konsumsi. Nah jika kadar purin didalam tubuh kita terlalu banyak dan tubuh kita tidak dapat mengeluarkannya, purin tersebut akan menumpuk kemudian mengkristal pada persendian. Tentu kondisi ini sangat menyiksa.

Sebab itulah pengobatan pada penyakit asam urat sangat perlu Anda lakukan. Jika tidak, kadar asam urat dalam tubuh dapat menumpuk di organ ginjal dan hal tersebut menyebabkan Anda mengalami batu ginjal yang bisa berubah menjadi gagal ginjal. Jika Anda menderita gagal ginjal akibat asam urat, Anda akan terus melakukan cuci darah yang biayanya cukup tinggi.

Lalu bagaimana cara mengobati asam urat? Anda dapat menggunakan bandotan sebagai salah satu usaha mengobati asam urat secara alami. Begini cara mengolah tanaman bandotan menjadi obat asam urat:

  • Siapkan tanaman bandotan (batang muda dan daun bandotan yang segar), nasi basi dan garam sebanyak setengah sendok teh.
  • Cuci daun bandotan hingga bersih.
  • Setelah bersih, satukan daun bandotan dengan nasi basi yang ditambahkan garam setengah sendok teh. Kemudian tumbuk hingga halus.
  • Hasilnya akan terlihat seperti bubur yang kental.
  • Oleskan pada sekitar sendi yang terkena serangan asam urat
  • Biarkan sekitar 1 sampai 2 jam dan lakukan secara rutin.

Seperti itu cara mengobati asam urat dengan tanaman bandotan. Untuk Anda yang saat ini tengah bermasalah dengan penyakit asam urat akan lebih baik jika mencoba pengobatan alami yang satu ini. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Posted by: beritaharianmu.com

Updated: 18/11/2017 — 8:59 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme