Penyebab Sakit Telinga

Penyebab Sakit Telinga

Penyebab Sakit Telinga – Anatomi telinga terdiri atas tiga bagian utama yaitu bagian tengah, luar dan dalam. Semua bagian tersebut mempunyai peran masing-masing untuk membuat Anda bisa mendengar dengan baik.

Penyebab Sakit Telinga

Bila sampai terjadi gangguan pada salah satu bagian telinga, maka bisa membuat pendengaran Anda terganggu. Sakit telinga bisa dikarenakan oleh berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah infeksi telinga.

Sakit telinga juga dapat merupakan tanda adanya suatu peradangan atau penumpukan cairan di salah satu bagian telinga. Dibawah ini merupakan beberapa kondisi yang bisa sebabkan telinga sakit atau terasa tak nyaman.

  • Infeksi Telinga

Infeksi telinga biasanya terjadi pada telinga bagian tengah. Infeksi telinga tengah ini terjadi saat tuba eustachius tersumbat atau bengkak. Sehingga menyebabkan cairan menumpuk di telinga bagian tengah.

Penyumbatan tersebut dapat dikarenakan oleh flu, merokok, alergi, infeksi sinus atau produksi lendir berlebihan. Biasanya gangguan ini terjadi pada anak-anak. Sekitar 75% anak dibawah usia 10 tahun pernah mengidap gangguan ini.

Gejalanya antara lain pendengaran berkurang, nyeri didalam telinga dan keluar cairan dari telinga seperti nanah. Sangat disarankan untuk memeriksakan telinga ke dokter spesialis THT bila sakit telinga tak kunjung mereda atau bila terdapat gejala-gejala infeksi yang jauh lebih berat seperti demam dan sakit kepala.

  • Tinnitus

Tinnitus merupakan kondisi dimana Anda secara subjektif mendengar suara mendenging didalam telinga yang bukan berasal dari luar tubuh. Kondisi ini kerap muncul saat sakit telinga akibat infeksi telinga dalam atau tengah. Tapi penyebab pasti dari tinnitus masih belum bisa diketahui dengan jelas.

  • Penyakit Meniere

Meniere terjadi akibat ketidaknormalan cairan di telinga yang mampu menyebabkan vertigo secara tiba tiba. Pusing berputar yang datang secara tiba-tiba dan tinnitus merupakan 2 gejala utama dari penyakit Meniere. Penyakit ini cenderung terjadi pada orang yang berusia 20 hingga 50 tahun.

  • Barotrauma Telinga

Barotrauma telinga merupakan cedera telinga yang diakibatkan karena perubahan tekanan udara atau air ketika seseorang bepergian dengan pesawat, mendaki gunung atau menyelam dikedalaman tertentu. Gejalanya yaitu hilangnya pendengaran, nyeri, telinga terasa buntu dan pusing.

Nah itulah sejumlah Penyebab Sakit Telinga. Jika Anda merasakan adanya gangguan pendengaran atau sakit telinga maka segera periksakan diri ke dokter spesialis THT. Hal ini untuk menghindari resiko yang lebih buruk. Karena bila tidak segera diatasi, gangguan telinga bisa lebih sulit untuk diobati dan ditakutkan bisa bersifat permanen.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp