Penyebab, Gejala dan Pengobatan Asam Urat di Paha

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Asam Urat di Paha

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Asam Urat di Paha – Asam urat merupakan penyakit yang dapat memberi efek buruk bagi kesehatan. Asam urat biasanya akan disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri atau bengkak di bagian tertentu salah satunya di bagian paha. Berikut ini merupakan pembahasan tentang asam urat di paha yang harus Anda ketahui.

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Asam Urat di Paha

Penyebab asam urat di paha

Asam urat terjadi di bagian tubuh tertentu, pastinya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Berikut merupakan penyebab asam urat di paha:

  • Purin menumpuk

Penyebab asam urat paling utama adalah purin yang terlalu menumpuk di dalam tubuh. Penumupkan purin biasanya berasal dari luar tubuh yakni dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi memiliki kandungan purin yang sangat tinggi di dalamnya.

Sebenarnya, purin akan diproses oleh ginjal untuk dibuang melalui saluran urin. Tapi purin dalam tubuh terlalu banyak sehingga ginjal kesulitan dalam mengeluarkan purin. Akibatnya purin menumpuk dan mulai tersalurkan di sekitar paha.

  • Pengkristalan asam urat

Zat purin yang menumpuk lalu akan menyebar ke bagian tertentu tubuh salah satunya paha. Purin yang disalurkan ke paha akan membentuk kristal asam urat yang bila dibiarkan bisa memberi dampak yang semakin buruk utnuk kenyamanan paha serta tulang disekitarnya.

Gejala asam urat di paha

Akibat beberapa penyebab asam urat di paha, Anda dapat mengalami gejala-gejala berikut ini:

  • Paha terasa tak nyaman. Rasa tak nyaman seringkali membuat Anda susah untuk berjalan.
  • Paha terasa kaku. Rasa kaku ini kerap dianggap akibat kelelahan padahal kaku tersebut disebabkan oleh asam urat sudah menyerang daerah paha dan juga sekitarnya.
  • Paha terasa pegal. Setelah mengalami kaku, Anda akan merasa pegal di bagian paha. Pegal ini akan terasa amat sangat tidak nyaman.
  • Paha terasa nyeri. Hal ini diakibatkan oleh peradangan asam urat yang mulai menyerang dan pengkirstalan yang sudah masuk ke area paha dan sendi disekitarnya. Sehingga sebabkan nyeri yang berkelanjutan jika tidak segera ditangani.

Pengobatan Asam Urat di Paha

Tentu saja bila asam urat sudah menyerang, yang paling penting adalah mengobati asam urat secepat mungkin. Untuk mengobatinya Anda bisa menggunakan obat obat medis untuk asam urat atau obat herbal untuk asam urat yang telah dokter resepkan. Berikut pengobatan asam urat yang dapat Anda lakukan:

  • Konsumsi obat medis

Anda bisa mengonsumsi beberapa obat medis untuk asam urat yang biasanya telah diresepkan oleh dokter. Salah satu di antaranya adalah Allupurinol, obat yang satu ini bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cara mencegah enzim yang mampu mengubah purin menjadi asam urat.

  • Mengonsumsi ramuan herbal

Anda dapat mengonsumsi ramuan herbal yang diracik sendiri salah satunya jahe. Rebusan air jahe bila Anda konsumsi bisa membuat bagian yang terasa nyeri berkurang sakitnya. Jahe juga dapat melancarkan darah sehingga dapat menurunkan kadar asam urat secara perlahan.

Nah itulah pembahasan tentang asam urat di paha yang bisa Anda ketahui agar dapat menghindari berbagai risiko terjadinya asam urat di paha. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Penyebab, Gejala dan Pengobatan Asam Urat di Paha

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp