Penyebab Air Ketuban Keruh

Tidak ada komentar 87 views

Penyebab Air Ketuban Keruh

Selamat datang di situs beritaharianmu.com, kali ini kami akan kembali membahas tentang kehamilan, khususnya tentang “Penyebab Air Ketuban Keruh”. Sebelumnya kami ucapkan selamat bagi para ibu yang saat ini sedang hamil. Karena kehamilan merupakan masa-masa terindah bagi setiap wanita.

Penyebab Air Ketuban Keruh

Semua pasangan tentu akan merasa sangat bahagia, karena Tuhan telah memberikan anugrah terindah kepada mereka. Meskipun tidak jarang seorang wanita hamil banyak mengalami berbagai jenis masalah terutama masalah kesehatan. Hal ini sangat umum terjadi, karena pada saat hamil hormon dalam tubuh wanita akan mengalami banyak perubahan.

Salah satu masalah yang sering muncul dan membuat para ibu hamil menjadi cemas dan khawatir adalah air ketuban yang keruh. Ingin tahu apa yang menjadi penyebab air ketuban keruh?

Penyebab Air Ketuban Keruh

Air ketuban merupakan salah satu poin terpenting pada masa kehamilan, karena air ini berfungsi melindungi pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Begitupun pada saat akan memasuki proses persalinan. Pada saat peroses persalinan kondisi air ketuban yang tidak normal bisa berdampak buruk pada janin.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah adanya air ketuban keruh, hal seperti ini bisa mengganggu berlangsungnya proses persalinan. Untuk melakukan pencegahan, ibu hamil harus mengatahui apa saja yang menjadi penyebab air ketuban keruh. Berikut adalah penjelasan tentang penyebab air ketuban keruh :

  • Infeksi
    Jika pada masa kehamilan terjadi infeksi, maka air ketuban akan berubah menjadi keruh atau bahkan bisa menyebabkan air ketuban menjadi pecah. Biasanya jika terjadi kasus seperti peroses persalinan harus segera dilakukan. Karena jika terus dibiarkan, akan terjadi gangguan pada bayi di dalam kandungan.
  • Kehamilan yang melebihi 42 minggu
    Pada saat kehamilan sudah melebihi waktu normal persalinan, yang biasanya terjadi pada minggu ke 37-42, maka plasenta bisa lebih tua dan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi inilah yang akan menyebabkan kurangnya asupan oksigen pada bayi di dalam kandungan. Dan hal ini juga yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna air keruban menjadi hijau keruh, dan sangat berbahaya untuk bayi.
  • Gangguan pada janin
    Selain itu, penyebab ketuban yang keruh juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada janin. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah kerana adanya pergerakan bayi yang terlalu aktif, dan menyebabkan tali pusat meilit. Secara otomatis kondisi ini dapat menyebabkan bayi stress, dan terjadi perubahan pada air ketuban.
  • Mempunyai riwayat penyakit
    Air ketuban keruh juga dapat terjadi karena ibu memiliki beberapa riwayat penyakit. Penyakit yang dapat menyebabkan perubahan air ketuban pada ibu hamil adalah gangguan jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Kondisi penyakit seperti itu tentu akan menyebabkan kondisi bayi tidak sehat dan dapat memperngaruhi air ketuban.

Bahaya Air Ketuban Keruh

Saat anda mengathui terjadi kelainan dengan air ketuban dalam kandungan anda sebaiknya segera lakukan kosultasi dengan dokter kandungan. Karena jika terus di biarkan kondisi seperti ini akan sangat berbahaya dan dapat memperburuk kondisi kesehatan bayi dalam kandungan.

Bahaya air ketuban keruh adalah dapat menyebabkan kulit bayi menjadi terlihat lebih keriput, pertumbuhan kuku bayi menjadi cepat, terjadi infeksi pada paru-paru bayi akibat keracunan air ketuban.

Agar ibu hamil tidak mengalami hal seperti ini, sebaiknya segera melakukan pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Seprti mengatur pola makan, memenui asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, dan melakukan olahraga ringan seperti senam hamil. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk para ibu hamil.

Post by : Berita Harian

Penyebab Air Ketuban Keruh

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Penyebab Air Ketuban Keruh"