Penyakit Liver Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Liver Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit liver adalah suatu jenis penyakit yang banyak kita jumpai. Dengan kondisi perut yang buncit, lemah dan sering muntah darah. Hingga tidak sedikit orang yang menganggap penyakit ini adalah penyakit guna-guna. Untuk membenarkan anggapan tersebut, berikut kami akan menjelaskan secara detail tentang penyakit liver.

Penyakit Liver

Penyakit Liver Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Hati adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Karena organ yang satu ini mempunyai fungsi sebagai sistem yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain itu, organ hati juga dapat memilih dan menyimpan vitamin tertentu dalam sistem pencernaan, mengontrol kolesterol dan metabolisme lemak, serta mengatur hormon dalam tubuh. Sehingga pada saat organ hati dalam tubuh seseorang mengalami gangguan harus segera diatasi.

Salah satu gangguan yang terjadi pada organ hati adalah penyakit liver. Penyakit liver ini merupakan suatu kondisi dimana fungsi organ hati mengalami prnurunan karena adanya virus.  Gangguan hati seperti penyakit liver ini sudah masuk ke dalam kategori yang cukup parah bahkan tidak jarang menyebabkan kematian. Sehingga sudah saatnya kita lebih mengenal penyakit liver, agar bisa lebih waspada.

Penyebab Penyakit Liver

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya penyakit liver. Pertama, penyakit liver bisa disebabkan kerena terjadinya peradangan pada organ hati, dan menyebabkan fungsi hati menurun. Selain itu, penyakit liver juga bisa terjadi karena riwayat penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit liver :

  • Penyakit Hepatitis

Salah satu hal yang menjadi penyebab timbulnya penyakit liver adalah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus. Infeksi virus ini disebut juga dengan penyakit hepatitis. Pada saat penderita hepatitis sudah benar-benar parah maka virus akan semakin berkembang dan akan merusak organ hati. Karena virus sudah masuk ke dalam hati dan fungsi hati sudah menurun maka hal ini akan menyebabkan penyakit liver.

  • Minuman Beralkohol

Penyakit liver juga bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena zat-zat berbahaya yang ada dalam minuman beralkohol lama kelamaan akan merusak organ hati. Bukan hanya alkohol, penggunaan obat-obatan berbahan kimia juga bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada organ hati yang dapat menimbulkan penyakit liver.

  • Penyakit Malaria

Pada saat seseorang terkena infeksi virus dari nyamuk malaria juga mempunyai resiko terkena penyakit liver. Karena, jika kondisi infeksi terus-menerus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan yang parah pada organ hati. Sehingga sangat perlu untuk segera melakukan pengobatan jika terkena infeksi malaria.

  • Kurang Asupan Nutrisi

Organ hati membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. Pada saat organ hati pengalami kekurangan nutrisi maka bisa menyebabkan penurunan fungsi hati. Sehingga penyakit liver bisa disebabkan karena pola makan yang tidak baik dan kurangnya asupan makanan yang bernutrisi.

  • Gaya hidup yang buruk

Kebiasaan buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab penyakit mudah hinggap pada tubuh. Begitupun pada penderita liver, jika seseorang mempunyai gaya hidup yang buruk salah satu contohnya adalah merokok, minum alkohol dan bersoda, mengkonsumsi makanan cepat saji, serta banyak konsumsi makanan mengandung pengawet. Menjadi salah satu faktor penyebab penyakit liver mudah datang.

Gejala Penyakit Liver

Penyakit liver menjadi salah satu golongan penyakit yang sangat membahayakan. Untuk lebih mengenal penyakit liver sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi tanda-tanda penyakit liver. Berikut ini adalah beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit liver :

  • Perut buncit, seseorang yang menderita penyakit liver akan mengalami kondisi perut yang buncit. Hal disebabkan oleh adanya pembengkakan yang terjadi pada daerah perut dan tepatnya pada bagian perut bawah. Gejala ini merupakan gejala yang paling umum dan banyak dialami oleh penderita liver.
  • Perubahan warna kulit, Gejala yang kedua adalah terjadinya perubahan pada warna kulit. Pada saat seseorang mengalami sakit liver biasanya warna mata dan kulitnya akan berubah menjadi kuning. Sehingga tidak herab jika banyak orang yang menyebut penyakit liver ini adalah penyakit kuning.
  • Perubahan air seni, Pada saat buang air kecil dan urin yang dikelurkan mempunyai warna yang gelap maka orang tersebut kemungkinan mengalami penyakit liver. Selain air seni yang berubah menjadi gelap pada saat terjadi kerusakan pada organ hati biasanya seseorang akan mengalami mual, anemia dan mengalami gangguan pada pencernaan.
  • Nafsu makan berkurang dan berat badan menurun, Karena sering merasa mual dan rasa tidak enak disekitar ulu hati penderita penyakit liver akan mengalami penurunan nafsu makan dan berat badanpun akan ikut berkurang.
  • Sakit kepala, seseorang yang menderita penyakit liver akan sering merasa sakit kepala, pusing, cepat lelah, dan letih. Sehingga tidak heran jika penderita liver akan mengalami perubahan persaan seperti mudah stress, mudah tersinggung, dan depresi.

Jika anda menemui seseorang dengan tanda-tanda diatas sebaiknya segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Karena, jika terus dibiarkan kondisi seperti ini akan semakin memperburuk kesehatan anda. Bukan hanya itu, penyakit liver juga dapat menimbulkan komplikasi, bahkan menyebabkan kematian.

Tips Mengatasi Penyakit Liver

Untuk megatasi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang lebih parah tentu harus segera mengambil tindakan pengobatan. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan cara-cara alami seperti berikut :

  1. Menjaga kebersihan, seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu agar terhindar dari virus yang menempel pada tangan.
  2. Perbanyak konsumsi air mineral setidaknya 8-10 gelas dalam satu hari yang setara dengan 1,5-2 liter.
  3. Menghindari konsumsi makanan yang mempunyai banyak kandungan lemak jenuh dan mengandung bahan kimia yang berbahaya seperto pengawet, pewarna atau pemanis buatan.
  4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung gizi, zat besi, mineral, magnesium, vitamin serta sumber nutrisi lain.
  5. Menerapkan pola makan yang baik dengan menyeimbangkan nilai gizi yang dibutuhkan tubuh
  6. Melakukan olahraga secara teratur disesuaikan dengan kemampuan fisik yang dimiliki
  7. Sering melakukan kosultasi dan pemeriksaan untuk mengontrol kondisi tubuh

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyakit Liver Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Semoga postingan kami kali ini bermanfaat untuk para pembaca. Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang kesehatan, tips, dan cara pengobatan berbagai jenis penyakit bisa langsung gabung dengan kami di  Facebook  Twitter  &  Google+

Post by : beritaharianmu.com

Penyakit Liver Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Updated: 22/03/2017 — 10:12 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme