Pengaruh Asam Urat Terhadap Pembentukan Batu Ginjal

Pengaruh Asam Urat Terhadap Pembentukan Batu Ginjal – Asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian persendian. Dimana kondisi ini terjadi akibat adanya penumpukan kristal asam urat. Pada persendian kristal yang terbentu akibat kadar asam urat tinggi ini akan menyebabkan peradangan sendi. Yang akhirnya akan timbul pembengkakan, kemerahan, panas, nyeri, dan kekakuan pada sendi.

Sedangkan batu ginjal merupakan salah satu kondisi yang terjadi ketika adanya material keras seperti batu terbentuk di dalam ginjal. Dimana kemungkinan material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah dalam darah yang telah disaring ginjal. Dan seiring berjalannya waktu akan mengendap dan mengkristal.

Pengaruh Asam Urat Terhadap Pembentukan Batu Ginjal

Pengaruh Asam Urat Terhadap Pembentukan Batu Ginjal

Pada awalnya asam urat yang menumpuk di dalam tubuh hanya akan mempengaruhi persendian. Namun, peradangan yang terjadi bisa terus menyebar ke bagian sendi lainnya. Dan bukan hanya itu, ternyata penyakit asam urat ini juga bisa memberikan dampak yang sangat fatal pada organ tubuh lain. Yaitu dapat membentuk batu ginjal yang sangat berbahaya bahkan bisa mematikan.

Batu ginjal yang terbentuk akibat kadar asam urat berlebih ini disebut batu asam urat. Biasanya orang-orang yang bermasalah dengan asam urat mempunyai resiko 3 kali lebih besar mengalami batu ginjal. Dimana keberadaan batu asam urat tersebut dapat menyebabkan tekanan di dalam ginjal menjadi tinggi. Hal inilah yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan dinding pembuluh darah menjadi tebal dan aliran darah menuju ginjal menjadi berkurang. Sehingga mengakibatkan kerusakan pada fungsi ginjal.

Kadar asam urat tinggi merupakan faktor risiko terkuat yang dapat mengembangkan penyakit batu ginjal yang cukup mematikan. Jika Anda ingin mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, maka yang harus dilakukan adalah menghindari penyebab dan mengobati penyakit asam urat tinggi terlebih dahulu. Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, dan mengatur pola makan yang baik merupakan salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi asam urat.

Bukan hanya itu, penyakit asam urat ini juga bisa menyebabkan peradangan di sendi semakin parah. Dimana, tidak sedikit kasus penderita asam urat yang harus mengalami kelumpuhan atau cacat permanen akibat penyakit asam urat yang tidak segera diobati. Untuk itulah, segera lakukan pengobatan asam urat sejak dini dan jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.

Post by :  beritaharianmu.com

Updated: 06/05/2017 — 10:01 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme