Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Beras Ketan?

Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Beras Ketan? – Penderita penyakit asam urat harus memerhatikan gaya hiduo agar penyakit asam urat tidak semakin memburuk. Lantaran penyakit asam urat yang memburuk bisa memunculkan penyakit komplikasi asam urat dengan diabetes mellitus dan gagal ginjal. Tentu, Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Dengan menjaga gaya hidup sehat, maka penyakit asam urat bisa terkontrol dengan baik. Salah satu cara agar gaya hidup terjaga dengan baik yaitu memerhatikan pola makan. Penderita asam urat wajib menghindari makanan yang kaya purin dan sebaliknya harus mengonsumsi makanan yang rendah purin.

Salah satu makanan yang mayoritas dikonsumsi masyarakat adalah beras ketan. Biasanya beras ketan dihidangkan dalam bentuk tape beras ketan atau dimasak nasi. Lantas, apakah penderita asam urat boleh makan beras ketan?

Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Beras Ketan?

Penderita Asam Urat, Bolehkah Makan Beras Ketan?

Beras ketan termasuk makanan yang tinggi akan karbohidrat. Sementara penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi serta kompleks seperti singkong, ubi, roti dan nasi. Karena karbohidrat yang tinggi serta kompleks tersebut bisa mempermudah pembuangan asam urat melalui urin.

Konsumsi karbohidrat ini ada baiknya tidak kurang dari 100 gr/hari. Tapi untuk karbohidrat sederhana yang mengandung fruktosa seperti soft drink ada baiknya dihindari karena fruktosa bisa sebabkan asam urat dalam darah meningkat.

Cara Terbaik Mengolah Beras Ketan Untuk Penderita Asam Urat

Apabila Anda ingin mengonsumsi beras ketan, maka olah beras ketan seperti nasi pada umumnya. Sangat tidak dianjurkan untuk mengolahnya menjadi bentuk tape beras ketan. Anda tahu, bahwa tape adalah makanan yang wajib dihindari penderita asam urat lantaran mengandung alkohol serta purin yang tinggi.

Pola makan Anda perlu diimbangi pula dengan olahraga yang teratur dan juga istirahat yang cukup. Olahraga yang teratur misalnya 3x seminggu bisa meregangkan otot dan persendian sehingga tubuh menjadi lebih bugar. Begitu pula dengan istirahat yang cukup bisa menenangkan kondisi tubuh dari berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp