Pantangan Makan Penderita Kolesterol

Tidak ada komentar 83 views

Pantangan Makan Penderita Kolesterol – Kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya kadar kolesterol jahat di dalam darah. Pada umumnya kondisi seperti ini sering di alami oleh orang tua. Namun, seiring perkembangan jaman dan pola hidup yang tidak baik saat ini tidak sedikit anak-anak muda yang sudah mengalami masalah kolesterol.

Kolesterol tinggi ini biasanya dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, jarang berolahraga dan gaya hidup tidak sehat. Seseorang yang mempunyai kebiasaan konsumsi makanan instan, junkfood, gemar menikmati seafood, dan malas untuk bergerak dan berolahraga biasanya mempunyai resiko lebih besar terkena kolesterol tinggi.

Jika kadar kolesterol meningkat dengan cepat, maka bukan hanya mengalami gejala seperti pusing dan sakit disekitar pundak saja. Tetapi, kondisi seperti ini juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung yang mematikan. Untuk mengatasi gejala dan menghindari komplikasi akibat kolesterol sebaiknya segera terapkan pola makan yang baik dengan menghindari pantangan makan seperti berikut ini.

Pantangan Makan Penderita Kolesterol

Pantangan Makan Penderita Kolesterol

  • Jeroan

Jeroan merupakan salah satu jenis makanan yang harus benar-benar di hindari oleh penderita kolesterol. Makanan yang diolah dengan bahan seperti rempela, kikil, hati, ginjal, babat, kelenjar timus, dan lain sebagainya mempunyai kadar kolesterol jahat sangat tinggi. Dan kandungan kolsterol paling tinggi bisa anda temukan pada bagian organ hati. Sehingga bagi anda yang ingin terbebas dari ancaman kematian akibat kolesterol sebaiknya segera kurangi atau hindari konsumsi jeroan.

  • Daging

Penderita kolesterol juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang terbuat dari daging. Baik itu daging unggas, daging merah atau daging kalengan yang telah dikemas. Karena, tanpa disadari didalam daging ini terdapat kandungan kolsterol yang sangat tinggi. Sehingga bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan cepat. Jika anda ingin mengkonsumsi daging, usahakan konsumsi daging putih seperi kalkun. Namun, tetap lemak dalam daging ini harus dibersihkan, dan jangan digoreng.

  • Makanan laut (seafood)

Seafood atau makanan laut seperti tuna, ikan sarden, teri, makarel, dan kerang merupakan salah satu jenis pantangan makan penderita kolesterol. Dalam 85 gram ikan laut seperti lobster terkandung 61 mg kolesterol. Belum lagi jika dimasak dengan cara digoreng . Tentu saja secara otomatis kadar kolesterol dalam tubuh akan langsung meningkat drastis.

  • Alkohol

Alkohol merupakan salah satu musuh terbesar bagi para penderita kolesterol. Karena, selain dapat merusak beberapa organ tubuh, alkohol juga mempunyai kandungan kolesterol yang sangat tinggi. Dimana, jika penderita kolesterol mengkonsumsinya tentu akan mengalami kenaikan kadar kolesterol dan akan sangat berbahaya untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa jenis pantangan makan penderita kolesterol. Bagi anda yang ingin terhindar dari bahaya kolesterol yang cukup mematikan, pastikan untuk selalu memperhatikan pola dan menu makan harian. Semoga, informasi yang kami sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Post by : beritaharianmu.com

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pantangan Makan Penderita Kolesterol"