Menu Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat

Menu Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat – Penyakit asam urat adalah suatu kondisi umum yang banyak di alami oleh masyarakat Indonesia. Dimana penderitanya akan mengalami sakit yang tak tertahankan disekitar persendian. Kondisi ini terjadi akibat asupan zat purin dari makanan yang berlebihan hingga menyebabkan penumpukan kadar asam urat di sekitar sendi. Obat Asam Urat

Karena itulah, bagi orang yang mengalami masalah dengan asam urat harus bisa mengatur pola makan dan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Karena, bukan hanya menganggu kenyamanan saja penyakit ini juga bisa menyebabkan terjadinya komplikasi yang serius. Bahkan peradangan sendi akibat asam urat bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan dan cacat permanen.

Menu Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat

Menu Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat

Selain menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Penderita asam urat juga harus pandai dalam memilih menu makanan. Karena, hal yang sering di sepelekan ini justru menjadi pemicu terbesar terhadap asam urat. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa menu makan yang baik bagi penderita asam urat.

  • Makanan dengan kandungan Kalium tinggi

Kandungan kalium yang cukup tinggi bisa anda dapatkan dari makanan seperti kentang, pisang, tomat dan juga yogurt. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh penderita asam urat guna untuk meningkatkan fungsi ginjal dalam mengeluarkan kadar asam urat berlebih dari dalam tubuh. Selain itu kalium juga menjadi ion yang mampu menjaga keseimbangan pH (keasaman) di dalam darah. Karena itulah, konsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi sangat dianjurkan.

  • Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks

Selain kalium makanan yang aman bagi pendeirta asam urat adalah makanan yang mempunyai karbohidrat kompleks. Jenis makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks dan aman bagi penderita asam urat adalah beras cokelat, kentang, oats atau gandum, labu, jagung, dan sayuran seperti terong, timun dan lain-lain. Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks ini dianjurkan karena konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, gula merah, madu dan berbagai jenis kue hanya akan meningkatkan kadar asam urat.

  • Buah-buahan dengan kandungan Vitamin C

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh para ahli menunjukan. Bahwa, konsumsi buah yang mempunyai kandungan Vitamin C tinggi sangat di anjurkan bagi penderita asam urat. Itu karena, kandungan Vitamin C mempunyai sifat yang mampu menetralkan kadar asam urat dalam tubuh dan menjaganya tetap stabil.

Nah, itulah beberapa jenis menu makan yang baik bagi penderita asam urat. Bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan asam urat segera coba tips yang telah kami berikan semoga berhasil.

Post by : beritaharianmu.com

Updated: 31/05/2017 — 10:18 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme