Menu Diet untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Menu Diet untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Menu Diet untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol – Bagi Anda yang mempunyai riwayat asam urat dan kolesterol tinggi, pastinya harus menjauhi makanan dan minuman yang menjadi pencetus kedua penyakit tersebut. Keluhan nyeri yang luar biasa terjadi ketika Anda kurang memerhatikan asupan yang dikonsumsi.

Menu Diet untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Bagi Anda yang saat ini sedang melakukan diet sehat, pilih makanan dengan menu rendah purin serta lemak jenuh. Lantas, menu apa saja yang disarankan untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi? Berikut menu diet untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.

  • Makanan yang tinggi akan serat

Makanan berserat tinggi tentu tak boleh dilewatkan bagi Anda yang menderita penyakit asam urat dan kolesterol. Karena serat dapat membantu proses pencernaan serta penyerapan sari makanan di dalam tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan serat, maka bisa membantu pengeluaran zat purin dalam tubuh yang berlebih dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, makanan berserat juga bisa membereskan masalah kolesterol yang menempel di pembuluh darah.

Makanan berserat banyak ditemukan pada buah dan juga sayuran seperti pisang, alpukat, tomat, seledri, wortel, brokoli, oats dan lainnya.

  • Makanan bervitamin

Tentu menu pilihan Anda juga harus banyak mengandung vitamin yang dapat membantu menormalkan metabolisme tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun makanan yang dapat dikonsumsi yaitu buah dan sayuran yang rendah purin, susu skim dan ikan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol.

  • Hindari penggunaan minyak jenuh

Dalam memilih menu sehat, tentu tak akan terlepas dari yang namanya menu masakan. Apalagi makanannya dimasak menggunakan minyak jenuh. Hal tersebut bisa memperparah kandungan zat berbahaya dalam tubuh lantaran lemak jenuh bisa mengurangi kemampuan tubuh membuang asam urat.

  • Hindari konsumsi minuman beralkohol

Pengaruh alkohol pada penderita asam urat dan kolesterol sama-sama berbahaya. Baik itu alkohol dengan kadar rendah hingga yang tinggi, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita asam urat dan kolesterol.

Karena alkohol bisa memacu gejala penyakit semakin parah bahkan dapat memicu penyakit lain muncul. Beralihlah pada air mineral, selain aman pastinya lebih sehat bukan?

  • Perbanyak konsumsi air putih dan rajin berolahraga]

Perbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas setiap hari karena air putih sangat bagus untuk menetralisir toksin atau racun yang ada di dalam tubuh serta dapat memperlancar pengeluaran zat berbahaya dalam tubuh. Di samping itu, pilih juga jenis olaharaga ringan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

  • Alternatif menu dari bahan alami atau herbal

Tak ada salahnya bila Anda mengonsumsi obat herbal yang dapat menyembuhkan asam urat dan kolesterol. Karena selain biayanya murah, obat herbal sangat terjamin keamanannya. Beberapa bahan alami yang dapat dicoba antara lain daun sidaguri, samboloto, brotowali dan lainnya.

Nah itulah beberapa Menu Diet untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang harus diketahui untuk mencegah penyakit Anda semakin parah. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp