Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung – Asam urat kini telah sangat akrab di dengar oleh telinga awam. Hal ini disebabkan semakin banyaknya keluhan akibat dari tingginya kadar asam urat dalam darah. Menurut hasil survey data, menunjukkan 3 dari 1.000 orang menderita hiperurisemia atau peningkatan kadar asam urat dalam darah secara kronis (jangka panjang) melebihi batas normal.

Secara umum, gejala ini banyak ditemukan pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun dan pada wanita seringnya terjadi setelah menopause. Asam urat merupakan senyawa yang sulit untuk larut dalam air. Kadar asam urat darah normal untuk pria dewasa sekitar antara 3.5–7.2 mg/dl dan untuk perempuan antara 2.6–6.0 mg/dl.

Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Asam urat berkaitan dengan penyakit yang dikenal dalam istilah kedokterannya ialah Gout, sejenis rematik. Rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi dan jaringan sekitarnya. Gout terjadi akibat penumpukan kristal asam urat (monosodium urat) yang masuk kedalam rongga sendi.

Seharusnya, asam urat yang ikut dalam peredaran darah oleh ginjal mampu dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Akan tetapi karena keadaan metabolisme tubuh yang kurang normal dan ginjal kurang berfungsi, kadar asam urat pun semakin meningkat.

Asam urat yang beredar dalam darah akan semakin menumpuk menjadi sampah atau lemak jenuh, ada yang tersangkut dan masuk ke dalam rongga sendi. Jika sendi bergerak, kristal-kristal tersebut akan saling bergesekan dan hal ini menyebabkan rasa nyeri.

Pentingnya Pengobatan Asam Urat

Rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat tentunya akan sangat mengganggu aktivitas seharihari. Persendian utama seperti pergelangan kaki, lutut, dan pinggang terasa seperti ada yang menusuk. Maka tak heran pengobatan serta pencegahan secara medis maupun non medis kerap dilakukan.

Karena jika kondisi ini diabaikan atau tidak diobati, potensi munculnya beberapa kondisi masalah kesehatan lain akibat penyakit asam urat akan semakin tinggi. Beberapa komplikasi tersebut antara lain penyakit batu ginjal, adanya benjolan benjolan dibawah kulit yang disebut dengan tofi, kerusakan sendi, dan masalah psikologis.

Sebagai saran, lakukanlah pengobatan secara alami. Karena ternyata, ada beberapa senyawa kimia yang terkandung di dalam bahan alami atau tanaman yang mampu menekan terjadinya asam urat pada tubuh. Senyawa senyawa tersebut antara lain senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang  dapat menghambat kerja enzim sehingga pembentukan asam urat menjadi terhambat atau berkurang. Salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah Tempuyung.

Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini merupakan tumbuhan herba menahun, tumbuh tegak, tinggi mencapai 0.6–2 m, mengandung getah serta berakar tunggang yang kuat. Tumbuh liar ditempat terbuka yang terkenai sinar matahari atau sedikit terlindung, seperti di tepi saluran air, tebing-tebing, atau tanah terlantar, dan terkadang sengaja di tanam sebagai tanaman obat.

Daun tunggal, bagian bawah tumbuh berkumpul pada pangkal kemudian membentuk roset akar. Memiliki bunga berwarna kuning cerah dan lambat laun berubah warna menjadi merah kecokelatan.

Manfaat Tempuyung Bagi Kesehatan

Batang muda dan daun meskipun rasanya pahit namun masih bisa dikonsumsi sebagai lalapan. Secara tradisional, tanaman ini kerap digunakan untuk menghancurkan batu ginjal, menghilangkan letih dan pegal-pegal, mengobati memar akibat benturan.  Sementara di Cina, selain digunakan sebagai obat, daun tempuyung juga digunakan sebagai insektisida.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam tanaman ini adalah ion ion mineral antara lain kalium, silica, natrium, magnesium,  dan senyawa organik semacam flavonoid (kaemferol, luteolin-7-O-glukosida dan apigenin-7-O-glukosida), taraksasterol, kumarin (skepoletin), inositol, dan asam fenolat (sinamat, vanilat, kumarat).

Dilaporkan, kandungan flavonoid didalam daun tempuyung mencapai 0.1044%. Sementara akar tempuyung mengandung senyawa alkaloid 0.5% dan flavonoid terbesar adalah apigenin-7-0-glukosida. Apigenin-7-0-glukosida ialah salah satu golongan flavonoid yang memiliki potensi yang cukup baik untuk mencegah kerja enzim xantin oksidasi dan superoksidase sehingga pembentukan asam urat menjadi terhambat atau berkurang.

Cara Mengolah Daun Tempuyung Untuk Mengobati Asam Urat

Siapkan tempuyung segar (daun dan akar) sebanyak 15–60 g, cuci bersih tempuyung lalu rebus dengan 3 gelas air hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan tempuyung minimal 2 kali sehari.

Keamanan dari penggunaan rebusan daun tempuyung sudah diteliti dengan menggunakan hewan percobaan selama 3 bulan. Didapatkan hasil, bahwa tanaman ini sangat aman untuk dikonsumsi dengan syarat harus sesuai aturan dan dosis tertentu.

Nah, mungkin itulah informasi mengenai khasiat tempuyung yang bisa mengobati asam urat. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Post by : Berita Harianmu

Mengobati Asam Urat dengan Tempuyung

Updated: 13/04/2017 — 12:45 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme