Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat

Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat – Mungkin nama Rebung yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran ini baru diketahui oleh segelintir orang saja. Tahukah Anda? Rasa lezat sayur Rebung bisa menambah selera makan.

Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat

Terlebih lagi jika sambal pedas melengkapi sayur rebung tersebut. Tapi disamping kelezatannya, ternyata Rebung kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Khususnya untuk mereka yang menderita penyakit asam urat.

Rebung atau bamboo shoot adalah tunas bambu yang masih muda. Cara mengolah rebung biasanya dengan membuang kelopaknya terlebih dahulu kemudian diiris-iris lalu diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Sebenarnya pemanfaat rebung sebagai bahan masakan sudah dilakukan sejak jaman dulu. Di mana panen rebung biasanya dilakukan tiap tahun. Panen rayanya terjadi saat musim penghujan antara Desember hingga Februari. Rebung akan dipanen saat ketinggiannya mencapai 20 cm di atas tanah dan berdiameter sekitar 7 cm.

Rebung tidak boleh terlambat dipanen, karena bila sampai terlambat, misalnya 2 sampai 4 bulan, maka tanaman rebung akan menjadi pohon bambu dan pastinya sudah tidak enak lagi untuk disantap.

Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat

Rebung memiliki kandungan senyawa mulai dari air, protein, thiamin, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin C, fosfor, besi, kalium dan lainnya.

Kandungan karbohidrat, lemak dan protein tidaklah berbeda jauh bila dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Begitu juga dengan kalium dalam rebung yang cukup tinggi yaitu 533 mg/10 gramnya.

Makanan yang diperkaya oleh kalium ini bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran zat asam urat oleh ginjal. Kalium merupakan ion didalam tubuh yang berperan untuk menjaga keseimbangan pH atau keasaman didalam darah.

Kalium mencegah pembentukan kristal asam urat didalam ginjal, sehingga selain mencegah asam urat, kalium juga mencegah pembentukan batu ginjal yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh.

Bukan hanya kalium, Rebung juga kaya akan serat pangan. Kandungan seratnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran tropis lain seperti sawi, ketimun, pecay, kedelai dan lainnya.

Berdasarkan riset, semua jenis makanan serat mampu kurangi jumlah kadar asam urat di dalam tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dan juga penyerapan sari makanan di dalam tubuh. Serat berfungsi menyerap kadar asam urat dalam darah yang kemudian zat asam urat tersebut dibuang melalui saluran urine.

Nah itulah Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat, konsumsi rebung setiap hari dapat menjadi solusi untuk menyembuhkan asam urat yang Anda derita.

Post by : beritaharianmu.com

Manfaat Rebung untuk Penderita Asam Urat

Updated: 21/07/2017 — 9:42 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme