Manfaat Oyong Untuk Asam Urat

Manfaat Oyong Untuk Asam Urat – Oyong atau Luffa aegyptiaca adalah salah satu jenis buah-sayur yang mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Sebetulnya oyong termasuk jenis buah.

Hanya saja orang lebih sering menjadikannya sebagai campuran dalam sayur, seperti wortel dan tomat. Lalu, tahukah Anda bahwa oyong ini bermanfaat untuk pengidap asam urat?

Manfaat Oyong Untuk Asam Urat

Manfaat Oyong Untuk Asam Urat

Oyong bermanfaat untuk asam urat karena mengandung magnesium dan potasium lebih dari 10 persen. Oyong bisa mengurangi nyeri di area otot akibat kejang, kram hingga asam urat.

Potasium juga membantu memecah protein dan karbohidrat dalam darah dengan cara mengalihkannya sebagai sumber energi serta perbaikan sel-sel yang telah rusak. Selain potasium, magnesium dan copper (tembaga) dalam oyong memiliki sifat anti inflamasi yang bisa mengurangi nyeri dan kaku di area persendian.

Nah, Jadi Anda tidak perlu khawatir mengonsumsi oyong. Tapi hal ini akan sedikit berbeda jika Anda merupakan wanita hamil. Oyong sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai jus maupun sayur. Lantaran kandungan tembaga yang bermanfaat untuk pengidap asam urat, ternyata bisa berakibat buruk pada janin yang ada dalam rahim Anda.

Cara Mengolah Oyong untuk Penderita Asam Urat

Manfaat oyong untuk asam urat bisa Anda dapatkan jika mengolahnya dilakukan secara tepat. Berikut tips pengolahan oyong untuk asam urat:

  • Mengolah oyong menjadi sayur

Anda bisa mengolah oyong menjadi salah satu menu sayur harian Anda. Dengan memerhatikan campuran gula dan juga garam. Anda dapat mengolahnya menjadi tumis atau sup. Bila Anda suka menumis, maka usahakan menumis menggunakan olive oil untuk mengurangi jumlah kadar lemak jenuh yang muncul ketika dipanaskan.

Anda bisa mengolah 3-4 buah oyong sebagai sayur tanpa penyedap rasa tambahan ataupun bumbu bersodium. Anda bisa menggunakan bawang merah dan bawang putih sebagai penyedap rasa alami yang bisa memperlezat rasa sayur oyong olahan Anda.

  • Jus oyong

Selain mengolah oyong menjadi sayur, oyong juga bisa diolah sebagai jus yang kaya manfaat untuk asam urat. Anda bisa mencampurkan 2-3 buah oyong ke dalam blender dengan 200 ml air putih kemudian menghaluskannya.

Ingat, jangan tambahkan pemanis buatan ataupun sirup ke dalam jus ini. Jika tidak terlalu suka rasa hambar oyong, Anda bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis dan 2 sendok makan madu asli ke dalam jus oyong tersebut.

Demikian itulah uraian mengenai Manfaat Oyong Untuk Asam Urat serta cara atau tips mengolah oyong untuk penderita asam urat. Terima kasih telah membaca, semoga artikel yang kami bagikan saat ini bermanfaat untuk semua.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 09/01/2018 — 9:02 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme