Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Penderita Asam Urat

Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Penderita Asam Urat – Jika membaca artikel mengenai coklat apakah bisa diberikan untuk penderita asam urat atau tidak, memang ada banyak kesimpang siuran. Kami akan menjelaskan mengapa coklat dikategorikan sebagai makanan rendah purin sehingga cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Coklat menjadi salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan antioksidan seperti senyawa fenolic (termasuk asam fenolic, proanthocyanidin, katekin dan epikatekin), methylxanthine (seperti theobromine, kafein dan theofilin) dan polymeric fenolic yang tak larut. Jadi coklat tidak memiliki kandungan purin. Jika coklat dikaitkan dengan penyakit asam urat itu karena adanya kandungan theobromine pada coklat.

Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Penderita Asam Urat

Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Penderita Asam Urat

Theobromine ialah jenis xanthine yang dapat ditemukan di dalam cacao dan mempunyai struktur kimia yang hampir serupa dengan kafein. Keuntungan dari xanthine yang ada pada cacao tidak memiliki kaitan dengan metabolisme purin, baik anabolik ataupun kataboliknya pada manusia.

Dengan begitu, theobromine yang kerap ditakutkan sebagai pencetus penyakit asam urat karena pada jalur metabolismenya memproduksi banyak xantin oksidase yang membentuk asam urat ternyata tidak terjadi apbila sumbernya dari cacao.

Hal serupa juga ditulis dalam sejumlah penelitian di antaranya menurut Kela, dkk dan Felix Grases, Antonia Costa-Bauza & Adrian Rodriguez, dikatakan bahwa methylxanthine mempunyai efek mencegah kinerja xantin oksidase sehingga proses nukleasi dan pembentukan kristal asam urat terhambat.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata coklat mempunyai banyak manfaat bagi penderita asam urat.

Manfaat coklat bagi penderita asam urat antara lain :

  • Coklat mengandung flavonoid dan procyanidin yang mempunyai efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga dapat meringankan rasa nyeri yang terjadi pada penderita asam urat
  • Coklat juga mengandung epicatekin yang tak lain merupakan antioksidan kuat yang bisa mencegah serangan asam urat berikutnya.

Mengenai coklat yang sering dikhawatirkan sebagai pencetus asam urat, hal tersebut karena :

  • Coklat seringnya dikemas dalam bentuk camilan tinggi kalori karena sering diolah dalam bentuk coklat susu. Kalori tinggi pada coklat dapat membuat seseorang berkembang lebih gemuk. Dengan gemuk, pastinya akan memperburuk kondisi asam urat.
  • Sejumlah penelitian juga mengungkap bahwa efek theobromine cacao dalam tubuh akan tergantung pada kadar dan bioavailabitas dari theobromine itu sendiri. Jadi sifatnya sangat individual.

Maka dari itu bila Anda penderita asam urat mengonsumsi coklat lalu merasakan keluhan nyeri atau kondisi gout menjadi lebih berat maka ada baiknya untuk segera dihindari, meskipun coklat termasuk ke dalam rendah purin. Sekian dan semoga bermanfaat.

Post by : Berita Harianmu

Manfaat Konsumsi Coklat Bagi Penderita Asam Urat

Updated: 03/06/2017 — 9:39 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme