Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat – Beberapa orang seringkali merasa kebingungan ketika mereka diminta untuk membedakan lemon dengan jeruk nipis. Keduanya memang termasuk dalam genus yang sama tapi jelas keduanya tidak sama.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat

Kabarnya, jeruk nipis adalah jenis jeruk yang pertama ditemukan di Indonesia. Lalu jeruk nipis ini diperkenalkan oleh pedagang yang singgah di tanah air dan membawanya ke jalur perdagangan Mediterania.

Dibalik sejarahnya yang cukup menarik, ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat, terutama untuk mereka yang menderita penyakit asam urat. Berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk asam urat:

  • Memperkuat sendi

Penderita asam urat kerap merasakan adanya masalah di area persendian saat kadar asam urat dalam darahnya mengalami kenaikan. Nah dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis diketahui bisa memperkuat jaringan yang ada di area persendian Anda lantaran air perasan jeruk nipis mengandung vitamin C dan berbagai jenis mineral.

  • Melarutkan kadar asam urat

Jeruk nipis juga bisa membantu melarutkan kadar asam urat yang berlebihan di dalam darah Anda karena mengandung asam sitrat atau vitamin C.

  • Ringankan rasa nyeri akibat asam urat

Mengingat asam sitrat pada jeruk nipis bisa melarutkan kadar asam urat dalam darah, maka hal ini juga menandakan bahwa jeruk nipis juga bisa meringankan rasa nyeri akibat asam urat. Kadar asam urat yang sudah berhasil dinetralisir akan membuat area persendian berangsur pulih dan rasa nyeri hilang bila Anda rutin konsumsi jeruk nipis.

  • Menghilangkan bengkak akibat asam urat

Kandungan nutrisi berupa mineral dan vitamin yang ada di dalam jeruk nipis bisa membantu menghilangkan bengkak d area persendian akibat asam urat. Bila Anda rutin mengonsumsi campuran air putih dengan jeruk nipis tersebut, Anda bisa menurunkan kadar asam urat sehingga pembengkakan pada sendi berangsur hilang.

  • Bagus untuk diet

Penderita asam urat dianjurkan untuk membatasi asupan makanan yang memiliki kandungan purin tinggi atau diet rendah purin. Memang, diet bagi penderita asam urat berpengaruh bagi kadar asam urat yang terdapat di dalam darah mereka.

Bukan hanya itu saja, diet juga disarankan bagi penderita asam urat yang mempunyai berat badan berlebihan atau obesitas. Karena obesitas bisa memperparah serangan asam urat. Nah dengan mengonsumsi jeruk nipis dapat membantu Anda mengurangi serta menjaga berat badan Anda agar tetap seimbang.

  • Menetralkan pH di dalam tubuh

Meski terasa asam, jeruk nipis mengandung alkaline tinggi. Campuran air putih dengan air perasan jeruk nipis membantu molekul-molekul dalam tubuh Anda dalam menetralisir pH di dalam tubuh. Tentu, sangat bagus untuk penderita asam urat karena di dalam tubuh mereka terkandung banyak asam yang harus dinetralkan.

Anda bisa meminum air perasan jeruk nipis setiap hari, bila Anda tidak mempunyai masalah dengan saluran pencernaan atau lambung. Anda bisa meminumnya di pagi hari dan menjadikan air perasan jeruk nipis ini sebagai minuman pertama yang diminum sebelum mengkonsumsi apapun.

Anda bisa memeras setengah jeruk nipis yang kemudian mencampurkannya ke dalam 200 ml air mineral. Jangan menambahkan gula atau pemanis buatan apapun, karena hal itu akan membuat kadar gula di dalam darah meningkat. Anda bisa menggunakan air dingin atau air hangat sesuai dengan selera. Konsumsi campuran air perasan jeruk nipis tersebut 2 kali per hari.

Itulah Manfaat Jeruk Nipis untuk Asam Urat, imbangi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga dan menghindari makanan pemicu asam urat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp