Manfaat Jahe Merah untuk Nyeri Sendi

Manfaat Jahe Merah untuk Nyeri Sendi

Manfaat Jahe Merah untuk Nyeri Sendi – Kasus nyeri sendi memang sudah sangat umum terjadi di masyarakat. Ada beberapa penyebab yang dimunculkan nyeri sendi yaitu kolesterol, asam urat dan lainnya.

Manfaat Jahe Merah untuk Nyeri Sendi

Rasa sakit dipersendian tulang yang muncul bisa menyebabkan rasa yang teramat mengganggu sehingga mereka yang mengalami permasalahan pada sendi bisa kehilangan kenyamanan saat menjalankan kegiatan sehari-hari.

Jahe merah ialah salah satu tanaman yang sudah diakui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan baik untuk kebutuhan suplemen kesehatan maupun untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, salah satunya nyeri sendi.

Kandungan Jahe Merah untuk Mengobati Nyeri Sendi

Memperoleh manfaat jahe merah untuk mengatasi nyeri sendi bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi jahe merah segar atau mengonsumsi jahe merah olahan. Keduanya mempunyai nilai kandungan senyawa dan zat aktif yang sama untuk mengurangi bahkan menyembuhkan nyeri pada persendiaan yang selama ini Anda derita.

Jahe merah mempunyai kandungan minyak atsiri, di mana kandungan tersebut adalah sumber aroma khas dari jahe merah dan rasa hangat atau pedas yang didapatkan saat mengonsumsi jahe merah.

Minyak atsiri yang terkandung di dalam jahe berkisar antara 2.58% sampai 2.72%. Kandungan tersebut mempunyai beberapa senyawa seperti zingiberene, methyl heptenone, d-champene dan n-nonylaldehyde

Kandungan senyawa dalam minyak atsiri ini adalah senyawa yang lazim digunakan sebagai bahan obat obatan dalam industri farmasi. Rasa hangat atau pedas yang dihasilkan oleh jahe merah bisa memperlancar aliran darah, melemaskan otot yang kaku dan tegang serta membuat tubuh menjadi lebih segar.

Jahe merah juga bisa tingkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memberikan khasiat besar untuk kesehatan secara keseluruhan.

Cara Mengolah Jahe Merah untuk Nyeri Sendi

Berikut adalah resep membuat ramuan herbal nyeri sendi

Bahan-bahan :

  • 20 g jahe merah segar
  • 30 g kumis kucing
  • 20 g temulawak
  • 20 g cabai jawa
  • 4 gelas air

Cara membuat :

  • Pertama-tama cuci sampai bersih semua bahan yang sudah disiapkan tadi.
  • Setelah bersih, potong kecil-kecil semua bahan tersebut.
  • Rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air yang sudah disiapkan.
  • Tunggu hingga air rebusan menjadi setengahnya.
  • Saring air untuk memisahkan ramuan yang akan dikonsumsi dari ampasnya.
  • Ramuan herbal nyeri sendi ini bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Untuk memperoleh rasa yang lebih mudah diterima lidah, Anda bisa menambahkan 2 sdm madu murni. Dengan mengonsumsi ramuan herbal tersebut maka Anda bisa mendapatkan manfaat jahe merah untuk atasi nyeri sendi.

Post by : beritaharianmu.com

Manfaat Jahe Merah untuk Nyeri Sendi

Updated: 07/07/2017 — 9:54 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme