Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat

Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat

Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat. Dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup, asam urat adalah penyakit yang kini mulai banyak mendapatkan perhatian. Pasalnya, penyakit ini saat ini tak lagi diidentikan dengan penyakit yang menyerang orang lansia saja. Tapi orang muda berusia 30an pun sudaah banyak yang menunjukan tanda dan gejala terserang asam urat.

Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat

Asam urat atau gout arthritis ini disebabkan oleh adanya penumpukan kadar asam urat di dalam darah yang tidak mampu dikeluarkan oleh organ ginjal.

Asam urat bermula dari hasil metabolisme purin, sejenis protein yang bersumber banyak dari produk hewani dan juga minuman yang memiliki kandungan alkohol. Purin dalam jumlah yang kecil sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh. Namun, purin dalam jumlah yang banyak bisa akibatkan penumpukan kadar asam urat yang tidak dapat dikeluarkan tubuh.

Perhatikan saja orang dengan usia muda sudah memiliki penyakit asam urat. Mereka umumnya memiliki kebiasaan konsumsi makanan berkadar purin secara berlebihan tanpa mengimbanginya dengan konsumsi sumber nutrisi lain.

Sebagai saran, untuk mengimbangi kadar purin yang dikonsumsi Anda bisa mengonsumsi buah pir yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk mencegah sekaligus mengobati asam urat.

Pir diketahui sejak lama mempunyai manfaat sebagai obat. Ilmu pengetahuan kesehatan modern kini mengungkap bahwa Pir memiliki kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang berpotensi untuk kesehatan secara luas. Senyawa aktif di dalam Pir yaitu folat, serat, kalium, tembaga,vitamin B komplek, vitamin C, vitamin K, magnesium dan mangan.

Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat

Kandungan serat pada buah pir memiliki peranan yang sangat penting bagi pencernaan. Satu buah pir menyimpan 18% kebutuhan serat harian. Dengan makan serat Anda bisa menurunkan asam urat dalam darah melalui usus sebelum penumpukan lemak dan juga penyebab asam urat sempat di serap kembali oleh usus.

Senyawa antioksidan dan juga flavonoid pada buah pir bisa memunculkan efek antiinfalamsi dalam tubuh, sehingga bisa kurangi rasa nyeri akibat asam urat.

Vitamin C dalam buah pir juga bermanfaat dalam pembentukan jaringan baru pada organ tubuh dan juga struktur sel tubuh. Dengan adanya kandungan tinggi asam askorbat (vitamin C) luka akibat peradangan asam urat akan dipercepat penyembuhannya.

Nah, itulah Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat yang dapat kami sampaikan. Mulai sekarang, biasakan diri untuk tidak mengonsumsi kadar purin secara berlebihan. Konsumsi buah pir untuk mengimbangi pengonsumsian kadar purin dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Post by : Berita Harianmu

Manfaat Buah Pir untuk Asam Urat

Updated: 13/07/2017 — 9:54 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme