Manfaat Air Kelapa untuk Asam Urat

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Urat

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Urat –¬†Selamat datang di beritaharianmu.com, kali ini kami akan membagikan artikel mengenai manfaat air kelapa bagi penderita asam urat. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu asam urat?

Asam urat adalah kondisi di mana tubuh mengandung terlalu banyak uric acid atau asam urat didalam darah. Kelebihan asam urat dalam darah tersebut mampu sebabkan terjadinya penumpukan zat asam urat pada sendi (gout).

Asam urat merupakan hasil buangan yang normal terjadi pada tubuh. Namun dalam keadaan berlebih asam urat bisa sebabkan terjadinya arthritis yang sangat menyiksa persendian manusia.

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Urat

Sudah banyak dibuktikan melalui penelitan, bahwa orang dengan penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan obesitas mempunyai potensi yang lebih tinggi untuk terserang gout atau asam urat berlebih.

Apa sebenarnya fungsi asam urat dalam tubuh? Normalnya, asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan pro-oksidan ketika berada dalam sel.

Sehingga jika asam urat dalam tubuh terlalu rendah, manfaat antioksidan asam urat tak akan didapatkan, sementara jika terlalu banyak asam urat, yang akan didapatkan yaitu peradangan pada sel-sel dan berperan jahat sebagai oksidan.

Kelebihan asam urat bisa terjadi akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat pada persendian. Bayangkan ada duri di area sendi anda. Begitulah yang dirasakan oleh para penderita asam urat umumnya.

Rasa nyeri selain dari gesekan kristal, sebagian besar bermula dari reaksi kekebalan tubuh yang menjadi penyebab terjadinya bengkak di daerah sendi.

Berdasarkan beberapa pengakuan orang yang mengalami gout atau arthritis mereka merasakan nyeri seperti terbakar. Gout pada sendi biasanya akan hilang setelah 3-10 hari.

Selanjutnya serangan gout atau arthritis akan terjadi pada beberapa bulan atau beberapa tahun. Jika anda tidak melakukan tindakan pengobatan atau pencegahan guna mengurangi kadar asam urat berlebih dalam tubuh dan mencegah rusaknya sendi akibat terkena radang.

Manfaat Air Kelapa Untuk Asam Urat

Air kelapa bisa mengobati asam urat berlebih dalam tubuh dan membuat anda terhindar dari kelebihan asam urat.

Apa alasannya?

Asam urat mempunyai pengaruh terhadap kinerja ginjal dan sistem eksreksi manusia. Jika ginjal mengalami masalah atau anda sangat jarang buang air kecil, batu ginjal dan asam urat akan mengalami peningkatan.

Dengan mengonsumsi banyak air sekitar 8-10 gelas per hari serta tambahan 2 gelas air kelapa di pagi dan setelah makan malam akan membantu anda menambah asupan potassium dalam tubuh.

Bertambahnya ion ion elektrolit dan hidrasi tubuh terjaga serta asupan potassium yang bertindak sebagai zat diuretik (zat yang mendorong tubuh untuk buang air kecil), maka akan membuat tubuh terus mencuci kandungan asam urat dalam darah yang melewati ginjal dan membuangnya di urine.

Gout sering terjadi pada orang yang memiliki kelainan pada ginjalnya. Sejumlah penelitian membuktikan secara in vitro bahwa dengan minum air kelapa muda secara teratur bisa membantu kinerja ginjal dan membuat ginjal kembali sehat.


Demikianlah artikel mengenai manfaat air kelapa untuk asam urat. Semoga dengan adanya informasi di atas bisa sedikit membantu menambah ilmu dan wawasan bagi para pembacanya. Salam sehat!

Post by : beritaharianmu.com

Manfaat Air Kelapa untuk Asam Urat

Updated: 02/06/2017 — 9:52 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme