Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu

Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu

Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu – Ketika Anda terkena flu, jangan buru-buru menyalahkan cuaca dan juga suhu udara. Boleh jadi masalahnya justru dari kebiasaan makan Anda sendiri.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Flu

Banyak orang tidak menyadari bahwa beberapa makanan dan minuman memberikan efek negatif pada mereka yang sedang terkena flu. Memang ternyata, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat flu. Lantas apa saja makanan dan minuman yang harus dihindari saat flu?

  • Gula

Gula mengandung komponen yang bisa memicu produksi hormon cytokenes yang merupakan agen inflamasi. Inflamasi sendiri sebetulnya merupakan efek dari serangan virus flu. Jadi dengan banyak konsumsi gula, peradangan dapat memburuk.

Penderita flu yang kebanyakan makan gula dapat mengalami efek perih pada tenggorokannya, gatal baik di hidung ataupun di tenggorokan, sinus membengkak dan tonsil yang membuat tak nyaman juga kadang terasa sedikit nyeri.

  • Alkohol

Alkohol merupakan jenis asupan yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita flu. Alkohol mempunyai dampak buruk terhadap sistem imunitas serta sebabkan tubuh Anda dehidrasi.

  • Gorengan

Masalah paling besar dari makanan yang dimasak dengan cara digoreng ialah efek dari minyak goreng itu sendiri. Pada dasarnya, minyak goreng mempunyai sejumlah agen inflamasi yang harus diwaspadai. Jadi, jika Anda ingin secepatnya terbebas dari flu sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng.

  • Produk susu

Produk susu termasuk keju, kefir dan yogurt mempunyai efek mengentalkan lendir. Jadi, jangan heran jika Anda merasa tenggorokan lebih berdahak atau hidung semakin pilek setelah konsumsi es krim.

  • Keripik

Pada umumnya, keripik dibumbui dengan banyak garam, MSG, dan pastinya digoreng dalam rendaman minyak goreng berlimpah. Meski minyak goreng tidak selamanya buruk, namun kebanyakan jenis minyak goreng dipakai berulang serta memicu peningkatan agen inflamasi didalamnya. Jadi, penderita flu harus menghindari jenis makanan yang satu ini.

  • Makanan pedas dan terlalu panas

Pada umumnya, makanan pedas kaya vitamin C yang bagus untuk imunitas. Sementara mengkonsumsi minuman panas ketika radang tenggorokan memang rasanya sangat nyaman. Namun dalam makanan pedas tersimpan komponen solaine yang jika dikonsumsi secara berlebihan justru memancing inflamasi menjadi semakin buruk.

Disamping itu, efek paparan suhu tinggi dari makanan/minuman juga dapat memberi efek iritasi di dinding tenggorokan dan mulut yang juga dapat berakibat buruk pada penderita flu. Jadi, pastikan terlebih dahulu suhu makanan/minuman Anda tidak terlalu tinggi sebelum dikonsumsi.

  • Minuman dingin

Banyak orang beranggapan bahwa minum es sebabkan flu merupakan mitos. Pandangan ini sebetulnya perlu diluruskan. Bahwa es tidak sebabkan pilek dan batuk karena bagaimana pun flu sepenuhnya terjadi karena adanya infeksi virus.

Namun minuman dingin memang ada pengaruhnya untuk penderita flu. Karena, minuman dingin sebabkan reaksi penurunan silia pada hidung yang picu silia tak peka terhadap unsur benda asing yang masuk. Itulah sebabnya mengkonsumsi minuman dingin di saat-saat tertentu membuat seseorang mudah terkena flu.

Jangan buru-buru menyalahkan cuaca yang buruk serta tidak menentu sebagai penyebab dari flu Anda yang tidak kunjung sembuh. Boleh jadi masalahnya justru berada pada pola makan Anda yang salah. Cobalah perhatikan pola makan Anda agar dapat segera mengatasi flu. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp