Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diare

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diare

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diare – Diare merupakan masalah pencernaan yang sangat merepotkan. Terlebih lagi jika itu terjadi disaat berada jauh dari toilet. Diare bisa sebabkan BAB Anda jadi lunak, berair dan mungkin lebih sering. Meski diare biasanya hanya sebentar, namun gejala-gejalanya dapat bertahan dalam waktu lama serta bahkan terkadang menjadi lebih buruk.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diare

Hal-hal sehari hari seperti makanan, obat-obatan dan stress bisa mempengaruhi bagaimana tubuh Anda pulih dari gangguan kesehatan. Pada kasus diare, makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh. Entah mempercepat penyembuhan atau justru malah memperburuk diare.

Makanan yang sebabkan diare biasanya memiliki banyak bahan kimia, rempah-rempah, minyak atau zat stimulan seperti kafein. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis makanan yang harus dihindari para penderita diare.

  • Susu

Laktosa yang terkandung dalam susu dan produk susu lunak lainnya seperti keju cottage, es krim, keju krim dan kirm asam merupakan makanan yang tak bisa diatasi oleh usus bila sedang diare. Jika Anda kelebihan mengonsumsi laktosa, hal tersebut akan masuk ke usus besar kemudian memperparah masalahnya.

Namun Anda dapat menenangkan sistem pencernaan dengan mengkonsumsi yogurt dan keju keras lantaran keduanya hanya memiliki sedikit bahkan sama sekali tidak memiliki laktosa. Bila Anda mempunyai intoleransi laktosa, mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa pasti bisa membuat Anda diare. Nah untuk mengatasi diare akibat intoleransi laktosa, hindari susu dan semua jenis produk susu lainnya.

  • Kopi

Berhentilah mengonsumsi kopi saat Anda menderita diare. Karena kafein dalam kopi bisa mengencerkan BAB. Selain itu, kafein juga mempunyai efek diuretik yang bisa memperburuk dehidrasi akibat diare.

Sebagai gantinya, Anda dapat mencoba mengonsumsi teh herbal yang terbuat dari peppermint atau jahe. Teh herbal tanpa kafein tersebut sangat baik untuk menenangkan sistem pencernaan Anda yang tengah mengalami masalah.

  • Cabai

Makanan lain yang bisa memperburuk diare yaitu cabai. Capsaicin yang ada didalamnya diketahui bisa sebabkan diare. Senyawa tersebut dapat mengiritasi lapisan lambung selama proses pencernaan yang berakibat pada diare, kembung, gas berlebih dan sensasi terbakar diperut. Baik biji ataupun kulit dari cabai bisa mengganggu sistem pencernaan Anda yang sedang lemah.

  • Alkohol

Saat menderita diare, jangan pernah coba-coba untuk konsumsi alkohol. Alkohol merupakan racun bagi lapisan lambung serta juga bisa mengubah metabolisme hati. Konsumsi alkohol terlalu banyak dapat sebabkan gangguan pencernaan yang pastinya menghambat penyembuhan diare.

Disamping itu, alkohol juga bisa menghambat proses rehidrasi serta memicu kehilangan cairan yang tentunya memperburuk masalah yang sudah ada. Terkadang, alkohol juga mengganggu kinerja obat yang Anda konsumsi untuk meredakan diare.

  • Kacang-kacangan

Kacang yang dikeringkan diperkaya oleh kandungan serat tak larut yang bisa memperparah gejala-gejala diare. Kacang-kacangan sulit dicerna dan bisa mengiritasi lapisan usus. Terutama saat Anda merasakan sakit perut. Makanan tersebut juga dapat sebabkan perut kembung.

  • Buah-buahan citrus

Buah citrus termasuk nanas, jeruk, kismis, beri dan anggur dapat menambah masalah ketika sedang mengidap diare. Ini khususnya terjadi bila ada masalah penyerapan gula fruktosa dari buah yang bisa sebabkan BAB jadi lunak.

  • Beberapa sayuran

Jika Anda sedang diare, mengonsumsi beberapa sayuran seperti kembang kol, asparagus, brokoli dan kubis ternyata bisa memperburuk kondisi Anda. Sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang susah dicerna. Selain itu, sayuran-sayuran tersebut mempunyai serat tak larut yang bisa mempersulit pemulihan sistem pencernaan Anda.

  • Daging merah

Daging merah termasuk salah satu sumber nutrisi terbaik, namun butuh waktu lama untuk mencernanya. Mengonsumsi daging merah juga bisa tingkatkan kadar protein C-reaktif dan juga ferritin. Keduanya merupakan zat kimia yang bisa memicu inflamasi. Inflamasi di saluran pencernaan tentunya bisa memperburuk diare.

Nah itulah Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diare agar proses penyembuhan diare bisa berlangsung dengan cepat. Sekian dan semoga artikel kami bisa membantu, terkhusus Anda yang saat ini sedang menderita diare.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp