Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat – Makanan tinggi purin merupakan makanan yang bersumber dari hewan atau tumbuhan yang bisa menghasilkan asam urat yang diolah di dalam organ hati.

Asam urat akan memasuki aliran darah kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Namun saat purin yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak bisa menyebabkan asam urat meningkat. Kondisi ini dikenal dengan istilah penyakit asam urat.

Meningkatnya kadar asam urat bisa memunculkan rasa nyeri akibat terbentuknya kristal asam urat di persendian. Jadi, apa saja makanan tinggi purin yang harus Anda hindari?

Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Tingginya kadar asam urat biasanya disebabkan karena ginjal tidak mampu menyaring kadar asam urat dengan baik. Di mana pemicu utamanya adalah makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi. Berikut merupakan daftar makanan dan minuman tinggi purin yang harus dihindari.

  • Jeroan seperti ginjal, hati, otak dan organ dalam lainnya yang biasanya sering ditemukan di berbagai olahan
  • Daging, termasuk daging domba, sapi, babi dan juga daging lainnya dalam jumlah yang besar
  • Ikan makarel atau ikan kembung, ikan teri, ikan sarden, ikan haring dan kerang
  • Kuah daging yang kental
  • Alkohol seperti bir dan wine

Riset menunjukkan bahwa makanan yang tinggi purin terutama yang berasal dari hewan bisa meningkatkan resiko kekambuhan penyakit asam urat. Jadi, akan jauh lebih baik Anda menghindari berbagai makanan yang bisa meningkatkan resiko kekambuhan penyakit asam urat.

Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh memang tidak selalu disertai dengan gejala. Sehingga salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengurangi resikonya dengan lebih bijaksana lagi dalam memilih dan mengkonsumsi makanan.

Selain makanan tinggi purin, asam urat juga bisa disebabkan karena faktor keturunan dan juga gangguan kesehatan lain seperti psoriasis. Bila Anda merasakan adanya gejala asam urat, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter guna mengetahui penyebab naiknya kadar asam urat serta memperoleh pengobatan yang sesuai.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp