Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol – Kolesterol tinggi saat ini sudah bukan lagi hanya menjadi masalah para orang tua, di usia muda pun saat ini bisa menderita kolesterol. Menderita kolesterol di usia berapa pun acapkali disebabkan karena makanan yang sehari-hari kita konsumsi.

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol

Banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolesterol. Bila Anda terlanjur menderita kolesterol tinggi, maka sudah semestinya Anda bisa menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan sehat guna menghindari komplikasi yang berbahaya.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Anda memerlukan makanan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Nah, berikut ini merupakan makanan yang bagus untuk dikonsumsi.

  • Makanan yang Memiliki Kandungan Kacang Kedelai

Makanan seperti kacang edamame, susu kedelai, puding kedelai tanpa gula dan tahu memiliki kandungan protein yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsinya sebanyak 0,5 ons setiap hari mampu kurangi kadar kolesterol setidaknya 6 persen.

  • Buah dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayur bisa menurunkan kadar kolesterol, karena buah dan sayur adalah makanan dengan lemak jenuh yang cukup rendah. Bila Anda mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak maka Anda bisa lebih merasa kenyang.

Sehingga mengrangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan yang diperkaya serat seperti stroberi, apel, pir, brokoli, ubi dan terong bisa menurunkan kadar kolesterol.

  • Kacang-kacangan

Kacang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena di dalamnya terkandung protein, lemak tak jenuh, vitamin E, serat, magnesium dan kalium. Anda dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5% bila mengonsumsi sekitar 1 sampai 2 ons kacang-kacangan sehari.

  • Beras Coklat

Jika bandingkan dengan beras putih, beras coklat mempunyai lebih banyak nutrisi serta diperkaya oleh kandungan serat. Serat pada beras coklat inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi.

  • Ikan dan Asam Lemak Omega 3

Ikan seperti tongkol, salmon, tuna dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bagus untuk mengurangi tekanan darah. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kadar LDL (kolesterol jahat), namun bisa mengurangi resiko terbentuknya bekuan darah.

Konsumsi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Omega 3 juga mampu kurangi kemungkinan seseorang terserang kematian mendadak akibat penyait jantung dan kurangi kadar trigliserida dalam darah.

  • Makanan yang Diperkaya Lemak Tak Jenuh

Menjaga asupan lemak jenuh harian dibawah 20 gr untuk wanita dan 30 gr untuk pria sangat penting guna menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa mengganti dengan lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, jagung, kacang dan bijian-bijian.

Setiap makanan yang dijelaskan diatas memberi manfaat tersendiri. Tapi perubahan gaya hidup juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain mengubah menu makan, Anda juga bisa menurunkan kolesterol dibarengi dengan olahraga yang rutin. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp