Makanan Penting untuk Penyembuhan Luka Diabetes

Makanan Penting untuk Penyembuhan Luka Diabetes

Makanan Penting untuk Penyembuhan Luka Diabetes – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sering disebut dengan kencing manis atau diabetes tipe dua. Kencing manis ini akan dialami pada seseorang jika ia terkena gangguan hormon insulin yang mana hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar prankreas. Pada penderita diabetes, kemungkinan akan mengalami beberapa risiko seperti luka.

Makanan Penting untuk Penyembuhan Luka Diabetes

Luka diabetes biasanya ditemukan dibagian kaki dan bisa terjadi karena sirkulasi darah terhambat, lemahnya sistem kekebalan tubuh dan adanya sistem saraf rusak yang mengakibatkan bagian luka terinfeksi. Dalam menyembuhkan luka diabetes, sangat kemungkinan sulit untuk disembuhkan karena banyak peneliti yang menyebutkan diabetes melitus adalah salah satu gangguan metabolisme yang akan menghambat penyembuhan luka secara normal.

Dan hal tersebut bisa dikatakan, diabetes harus ditangani terlebih dahulu sehingga luka diabetes bisa tertangani juga dengan mudah. Tetapi, tahukah Anda jika makanan-makanan yang sering Anda konsumsi saat ini juga sangat berpengaruh lho terhadap luka diabetes. Dan makanan tersebut akan membuat luka basah atau kering diabetes sulit untuk disembuhkan bahkan bisa saja membusuk. Lantas, makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita luka diabetes?

Berikut adalah makanan penting yang wajib dikonsumsi untuk mempercepat penyembuhan luka diabetes adalah

  • Seringnya mengkonsumsi makanan berprotein

Zat protein adalah salah satu jenis mineral yang penting untuk memperbaiki dan melindungi jaringan tubuh dari gangguan penyakit. Bahkan, kandungan protein ini cukup membantu mempercepat penyembuhan luka diabetes yang sulit untuk disembuhkan. Makanan yang dimaksud memiliki protein tinggi seperti ikan, telur, keju, kerang, unggas, mentega dan daging.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat adalah salah satu unit gula yang terdapat sakarioda. Zat tersebut termasuk golongan nutrisi non-pati polisakarida yang mengandung serat makanan. Dalam mengonsumsi makanan karbohidrat akan memberi energi penting yang berfungsi untuk merangsang kolagen yang bisa membentuk jaringan baru. Maka dari itu makanan serat ini sangat wajib dikonsumsi oleh penderita luka diabetes. Makanan tersebut seperti sayur jagung, kentang, kacang polong, brokoli, asparagus, salad hijau dan sayuran kacang hijau. Buah dan susu juga termasuk memiliki karbohidrat yang tinggi.

  • Mengkonsumsi makanan yang bervitamin

Mengkonsumsi makanan yang bervitamin A, B, C, E dan seng merupakan zat yang sangat diperlukan untuk pembentukan pembuluh darah yang baru bagi luka diabetes. Makanan tersebut seperti Vitamin A (buah & sayuran yang berwarna orange atau sayur yang berwarna hijau gelap), Vitaminn B (gandum, telur, ikan da danging), Vitamin C (tomat, brokoli, peppers, buah kiwi, jeruk dan grapefruits), Vitamin E (gandum, seafood, ikan, daging, unggas dan telur) dan Seng (tiram dan kacang polong).

Itulah deretan makanan penting untuk penyembuhan luka diabetes. Konsumsi secara teratur setiap hari merupakan kunci keberhasilan dalam mempercepat penyembuhan penyakit Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dan selamat mencoba 🙂

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp