Khasiat Okra Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Okra Untuk Penderita Diabetes

Khasiat Okra Untuk Penderita Diabetes – Okra atau lady fingers ini sudah tak asing di Indonesia. Jenis tanaman yang satu ini, peminatnya sudah banyak karena okra memiliki segudang manfaat kesehatan di dalamnya.

Khasiat Okra Untuk Penderita Diabetes

Okra mengandung vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium dan asam folat yang sangat bagus untuk kesehatan. Disamping itu, okra juga menjadi salah satu makanan yang rendah kalori serta tinggi akan kandungan serat.

Kandungan-kandungan itulah yang membuat okra sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mempercepat penyembuhan penyakit diabetes. Jenis penyakit yang cukup mengerikan apabila tidak diberikan pengobatan. Apa saja khasiat okra untuk penderita diabetes?

  • Memiliki serat tinggi

Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti okra merupakan perawatan diet untuk para penderita diabetes. Asupan serat yang tinggi sudah terbukti dapat mengontrol glikemik lebih baik serta mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Mempunyai efek anti stres

Okra yang telah diekstrak terbukti mengandung sumber antioksidan dan anti stres yang cukup tinggi. Mengelola kadar stres juga menjadi bagian paling penting untuk penderita diabetes. Karena stres tinggi dapat membuat kadar gula makin melonjak naik. Sebab itulah, kesehatan mental pun harus dirawat oleh penderita diabetes yaitu salah satunya dengan mengonsumsi okra.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Okra juga mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Menurut The American heart Association menyatakan, bila seseorang mengidap diabetes bisa lebih cenderung untuk memiliki kadar kolesterol yang tak sehat. Bila dua jenis penyakit ini menyerang, tentu kondisi akan semakin memburuk.

  • Mengandung GI rendah

Semua pengidap diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang rendah GI atau Indeks Glikemik. Dan okra termasuk ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga konsumsi okra sangat disarankan karena dapat memberi efek positif kepada penderita diabetes.

Demikian informasi mengenai khasiat okra untuk penderita diabetes. Dari informasi di atas, memberikan bukti bila okra menjadi salah satu makanan sehat yang bagus untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp