Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Tidak ada komentar 19 views

Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil – Berbahagialah bagi para wanita yang saat ini sedang hamil. Bersyukurlah atas anugrah dan karunia yang telah di berikan Tuhan dengan menjaga kehamilan Anda sebaik-baiknya, dan psatikan kesehatan anda terjaga.

Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan pada masa kehamilan memang sangat penting terutama untuk kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Untuk perkembangan dan pertumbuhannya janin dalam kandungan tentu sangat memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup. Salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah makan.

Apapun yang Anda makan, itu pula yang membatu dan memperngaruhi pertumbuhan janin anda. Untuk itu, pastikan anda selalu hati-hati dalam mengatur makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan makanan yang akan anda konsusmi adalah makanan yang penuh nutrisi yang gizi yang baik untuk janin.

Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Agar pertumbuhan dan perkembangan janin dalam tubuh tetap sehat, pastikan anda mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi berikut ini :

  • Kalori

Pada masa kehamilan, pastikan konsumsi kalori meningkat yaitu sekitar 300-400 kkal perhari. Usahakan kalori yang masuk ke dalam tubuh berasal dari sumber yang berbeda. Sebagai acuannya ikuti pola makan  4 sehat 5 sempurna. Untuk ibu hamil usahakan 55% kalori bersumber dari umbi-umbian dan nasi, 35% dari lemak baik nabati dan hewani, serta 10% dari protein sayuran atau buah-buahan.

  • Kalsium

Kalsium merupakan salah satu jenis kandungan yang sangat berfngsi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan ini mampu membantu pembentukan gigi dan tulang pada janin. Jika asupan kalsium selama masa kehamilan cukup, maka ibu hamil akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Sumber kalsium yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi selam kehamilan adalah kacang-kacangan, Susu dan produk olahan lainnya. Selain kalsium, susu juga memiliki kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, D,  B2, B3 dan vitamin C.

  • Asam Folat

Pada usia kehamilan yang masih sangat muda janin dalam kandungan akan membutuhkan tambahan asam folat sekitar 400 mikrogram per hari. Jika janin mengalami kekurangan asam folat, maka mengganggu proses perkembangan janin. Bukan hanya itu, kemungkinan janin akan terlahir dengan kelainan.  Sumber asam folat yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil adalah buah-buahan, sayuran hijau dan beras merah.

  • Zat Besi

Pada awal kehamilan, kebutuhan zat besi akan meningkat. Karena zat besi ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh bayi. Selain itu, zat besi juga berguna untuk menjaga dan menningkatkan sisitem kekebalan tubuh selama kehamilan. Ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi akan sering kelelahan dan beresiko terkena anemia. Sumber zat besi  yang baik untuk ibu hamil adalah ikan, telur, daging, ayam, sayuran hijau, kacang-kacangan.

Bahaya Kekurangan Gizi Pada Masa Kehamilan

Untuk memastikan kodisi kesehatan dan kebutuhan gizi selama kehamilan, lakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter kandungan atau perhatian berat badan anda. Karena jika terjadi kekurangan gizi selama kehamilan, kemungkinan akan terjadi gangguan pada janin atau bahkan janin bisa terlahir secara prematur.

Post by : Berita harian

Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ini Asupan Gizi Yang Tepat Untuk Ibu Hamil"