Ikan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Ikan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Ikan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol – Apakah Anda salah satu penderita asam urat dan kolesterol dan sekaligus pencinta kuliner ikan? Apakah ada jenis ikan yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol?

Ikan untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Asam urat dan kolesterol rentan sekali terhadap makanan yang memiliki kandungan purin dan lemak yang tinggi. Ikan adalah salah satu makanan yang sebetulnya dijadikan pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol lantaran sebagian besar ikan memiliki kandungan purin dan lemak yang tinggi.

Jadi, intinya penderita asam urat dan kolesterol harus memerhatikan kandungan purin dan lemak yang ada di dalam ikan. Lantas, adakah jenis ikan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol? Berikut jenis ikan yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol.

  • Ikan Salmon

Salmon termasuk jenis ikan yang direkomendasikan untuk penderita asam urat dan juga kolesterol karena kandungan dalam ikan salmon sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon mempunyai kandungan purin yang rendah sehingga cukup aman dikonsumsi penderita asam urat.

Di samping itu, ikan ini juga mengandung asam lemak atau yang lebih dikenal dengan omega 3. Diketahui, omega 3 bisa melawan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  • Ikan Kod

Ikan kod adalah jenis ikan yang hidup di laut lepas serta merupakan salah satu ikan laut yang boleh dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol. Meski jarang dikenali bentuknya oleh sebagian orang, ikan ini terbilang familiar di masyarakat, terutama masyarakat yang ada di daerah pesisir laut.

Ikan kod diketahui mengandung purin yang sedikit. Yakni sekitar 109 mg / 100 gr. Ini termasuk kedalam tingkatan makanan yang rendah purin. Di samping itu, ikan kod mempunyai kadar kolesterol rendah serta banyak mengandung omega 3 sehingga mempunyai banyak manfaat yang bagus untuk tubuh.

  • Ikan Sembilang

Ikan sembilang termasuk jenis ikan yang susah dicari serta banyak manfaatnya yang tidak diketahui. Ikan satu ini aman dikonsumsi penderita asam urat dan kolesterol lantaran kadar purin dan juga lemaknya masih dalam tahap yang aman. Kandungan nutrisi yang ada di dalam ikan sembilang di antaranya omega 3, protein, fosfor dan lain-lain.

Itulah jenis ikan untuk penderita asam urat dan kolesterol. Ingat, Anda tetap harus memperhatikan cara pengolahannya. Karena jika salah dalam mengolahnya, maka kandungan nutrisinya tidak akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp