Gejala Penyakit Malaria

Gejala Penyakit Malaria

Gejala Penyakit Malaria – Penyakit malaria adalah penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk. Banyak orang berasumsi bahwa penyakit malaria dan penyakit demam berdarah itu sama. Karena gejala penyakit malaria dan penyakit demam berdarah dianggap mirip.

Gejala Penyakit Malaria

Padahal itu merupakan penyakit yang berbeda dan pengobatannya pun berbeda. Gejala gejalanya pun mempunyai cukup banyak perbedaan. Apa sajakah gejala penyakit malaria?

Gejala malaria dapat bermula dengan gejala seperti flu. Pada tahap awal perkembangannya, gejala penyakit malaria sama seperti penyakit infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Berikut ini merupakan beberapa gejala gejala umum dari penyakit malaria.

  • Meriang
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Berkeringat
  • Mual bahkan muntah

Gejala gejala penyakit malaria dapat muncul dalam siklus yang berulang. Selisih waktu antara munculnya gejala gejala dan waktu tidak ada gejala bisa bervariasi. Hal ini bergantung pada jenis parasit apa yang menginfeksi. Berikut ini adalah beberapa seri kemunculan gejala yang dapat terjadi :

  • Setiap 48 jam sekali bila terinfeksi P. ovale atau P. vivax
  • Setiap 72 jam sekali bila terinfeksi P. malariae

Sementara gejala gejala yang diakibatkan parasit P. falciparum kerapkali tidak muncul dalam siklus berulang. Pola siklus gejala penyakit malaria ini disebabkan oleh siklus hidup parasit malaria saat berkembang, bereproduksi serta dilepaskan dari sel darah merah dan sel sel hati dalam tubuh manusia. Siklus gejala berulang juga termasuk salah satu ciri bahwa Anda terinfeksi malaria.

Disamping gejala gejala umum di atas, gejala penyakit malaria yang lainnya adalah nyeri otot, batuk kering, nyeri punggung dan pembesaran limpa. Pada kasus yang sangat parah, penyakit malaria dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak atau gangguan sumsung tulang belakang, kejang atau hilang kesadaran.

Ada penyakit penyakit lain yang gejalanya mirip sekali dengan gejala penyakit malaria. Karena itu, sangat disarankan agar Anda bisa segera menemui dokter begitu gejala gejala di atas mulai terlihat. Guna untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya.

Posted by beritaharianmu.com

Gejala Penyakit Malaria

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp