Efek Konsumsi Seafood Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Seafood Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Seafood Bagi Penderita Asam Urat –  Asam urat atau (gout) ialah penyakit yang berasal dari terlalu banyaknya zat purin yang terdapat dalam tubuh. Untuk itu, bagi penderita asam urat sebaiknya hindari berbagai makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Efek Konsumsi Seafood Bagi Penderita Asam Urat

Tahukah anda, salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat ialah makanan laut atau seafood. Kategori seafood ini umumnya digolongkan tidak hanya lezat tapi juga termasuk jenis makanan sehat. Misalkan ikan yang berlemak dan mengandung omega 3 tinggi seperti tuna, salmon, dan sarden.

Para pecinta seafoodpun tentunya harus mewaspadai beberapa jenis kerang-kerangan contohnya, kepiting, cumi, dan udang. Bukan cuma tinggi kolestrol tapi juga sangat berisiko untuk penderita asam urat.

Adapun jenis makanan yang kandungan purinnya tinggi diantaranya, sayuran seperti bayam, kol, jamur, lentin, dan lainnya. Selain itu, protein hewani, daging dan tentunya seafood.

Dalam waktu 12 tahun, telah dilaksanakan penelitian untuk mencari apa kaitan antara seafood, daging, dan produk susu dengan risiko gout oleh tim peneliti. Yang telah diikuti oleh 47.150 pria yang memiliki riwayat penyakit gout.
Dan dalam kurun waktu penelitian, telah ditemukan jenis gout baru sebanyak 730. Diketahui penyebabnya ialah pola makan yang tinggi pada seafood dan daging, sehingga risikonya besar. Sementara diet produk susu secara tinggi justru menurunkan risiko.

Untuk itu, jagalah pola makan Anda. Kurangi porsi keseringan Anda dalam pengonsumsian seafood dan daging. Diupayakan agar memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya.

Beberapa bahaya seafood bagi penderita asam urat:

  • Kerusakan sendi permanen

Karena seafood memiliki kandungan purin yang tinggi, maka serangan terkena asam urat akan terjadi. Disamping itu, efek buruk yang akan terjadi dapat membuat sendi bengkok dan bankan tidak dapat bergerak secara permanen.

  • Menimbulkan benjolan thopi

Jika dibiarkan terlalu lama, takutnya kristal asam urat yang ada dibawah permukaan kulit akan membentuk benjolan thopi dan muncul ke jari kaki, lutut, siku, lengan bahkan ke sepanjang punggung. Dibagian kaki bisa dengkak dan meradang sehingga menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

  • Menimbulkan penyakit jantung, diabetes, dan ginjal

Di duga kadar asam yang terdapat dalam tubuh, berisiko menimbulkan penyakit tambahan seperti, jantung dan diabetes. Selain itu, penyerangan ke ginjal dan akan berakhir menjadi gagal ginjal.

  • Kecacatan secara permanen

Penderita akan merasakan rasa sakit yang menimbulkan kesulitan beraktivitas dan sulit berjalan yang akan mengakibatkan kecacatan dan kelumpuhan secara permanen.

Itulah sekilas tentang efek seafood bagi penderita asam urat. Setelah membaca artikel ini semoga dapat memberi wawasan dan mewaspadai kita semua serta bermanfaat tentunya.

Post by : beritaharianmu.com

Save

Updated: 04/10/2017 — 2:32 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme