Efek Konsumsi Anggur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Anggur Bagi Penderita Asam Urat

Efek Konsumsi Anggur Bagi Penderita Asam Urat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa yang menjadi penyabab utama penyakit asam urat adalah akibat makanan. Sehingga tidak heran jika banyak jenis makanan yang harus dihindari, terutama yang mempunyai kandungan purin tinggi.

Salah satu makanan yang mempunyai kandungan purin cukup tinggi adalah buah anggur. Memang pada umumnya konsumsi buah-buah sangat dianjurkan bagi orang yang sedang sakit. Tetapi, tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat terutama yang memiliki kandungan purin sangat tinggi seperti anggur.

Efek Konsumsi Anggur Bagi Penderita Asam Urat

Anggur merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Bahkan buah yang satu ini sering di gunakan untuk perawatan muka karena mampu melembabkan kulit. Begitu banyaknya manfaat yang di miliki anggur sampai-sampai kebannyakan orang tidak menyadari bahwa buah yang satu ini bisa memberikan dampak negatif bagi penderita asam urat.

Perlu anda ketahui! Tingginya kadar purin yang ada dalam buah anggur ini bisa menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh semakin meningkat. Dimana, jika kadar asam urat dalam tubuh terus menumpuk akan memicu timbulnya berbagai jenis komplikasi yang berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi pennyakit asam urat akibat konsumsi anggur :

  • Kelumpuhan atau cacat permanen. Tingginya kadar asam urat dalam tubuh bisa menyebabkan peradangan yang terjadi disendi semakin parah. Dimana kondisi ini bisa menyebabkan penderita asam urat mengalami kerusakan sendi yang memicu kelumpuhan bahkan cacat permanen.
  • Timbulnnya benjolan tofi. Akibat terlalu banyak konsumsi anggur dengan purin tinggi, maka kristal asam urat yang ada di sendi terus menumpuk. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya benjolan tofi pada sekitar sendi. Dimana kondisi ini akan menyebabkan penderita mengalami kesulitan bergerak bahkan bisa berujung di meja operasi.
  • Kerusakan ginjal.  Kadar asam urat yang terlalu banyak akan menumpuk di dalam ginjal dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Jika seseorang telah mengalami kerusakan pada ginjal maka hidupnya akan tergantung pada cuci darah. Dimana cuci darah ini harus dilakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu dan membutuhkan biaya yang sangat besar.
  • Serangan jantung dan stroke. Asam urat yang terlalu tinggi bisa memicu naiknya tekanan darah. Tekanan darah inilah yang nantinya bisa menyebabkan penderita mengalami serangan jangtung dan stroke yang cukup mematikan.

Begitulah bahaya dan komplikasi yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi anggur bagi penderita asam urat. Karena itulah, mulai saat ini anda harus bisa mengatur pola makan dan menghindari berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan purin tinggi.

Post by : beritaharianmu.com

Updated: 13/06/2017 — 8:25 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme