Daun Tempuyung untuk Obat Batu Ginjal

Daun Tempuyung untuk Obat Batu Ginjal – Tempuyung biasa ditanam sebagai penghias pekarangan lantaran bentuk daun dan juga bunganya sangat unik. Tapi, kegunaannya ternyata bukan hanya untuk fungsi estetika belaka saja. Melainkan tempuyung juga bermanfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati batu ginjal.

Daun Tempuyung untuk Obat Batu Ginjal

Tempuyung termasuk ke dalam famili tanaman compositae. Daunnya berwarna hijau sedikit keunguan, pinggirannya bergelombang tidak beraturan serta bergerigi. Daun tempuyung inilah yang dipercaya mempunyai manfaat untuk menghancurkan batu ginjal.

Bahkan suatu penelitian dilakukan oleh Prof. dr. Sarjito dari UGM Yogyakarta berkenaan khasiat daun tempuyung sebagai obat batu ginjal. Beliau merendam sejumlah batu ginjal yang telah dikeluarkan dalam air rebusan daun tempuyung pada suhu 30-35ÂșC.

Daun Tempuyung untuk Obat Batu Ginjal

Dalam percobaan ini sebagian rendaman batu ginjal digoyangkan mirip dengan gerakan di dalam tubuh. Dan sebagiannya lagi didiamkan. Setelah itu, batu ginjal lalu ditimbang serta kalsium didalamnya di ukur secara kimiawi. Hasilnya, sangat memuaskan lantaran seluruh batu ginjal percobaan bobotnya berkurang.

Di samping itu, beliau juga melakukan penelitian dengan menggunakan sinar rontgen dan memeriksa kristal dalam urin. Hasilnya pun sama-sama memuaskan. Daun tempuyung bisa menghancurkan batu ginjal dalam tubuh. Selain itu, ditemukan bahwa daun tempuyung mengandung kalium yang berperan penting dalam peluruhan batu ginjal tersebut.

Kalium pada daun tempuyung memang cukup melimpah. Kalium bisa menguraikan kalsium karbonat dengan menggabungkan diri bersama senyawa karbonat, oksalat atau kristal urat yang merupakan komponen batu ginjal. Hal ini tentu menyebabkan endapan batu ginjal akhirnya terpecah serta mudah larut bersama urin.

Selain bisa mengobati batu ginjal, daun tempuyung juga bisa mengatasi penyakit lainnya seperti asam urat. Ini masih berhubungan erat dengan kemampuan tempuyung dalam kasus batu ginjal. Pengidap asam urat mengalami pengendapan kritsal urat dipembuluh darah kapiler yang sering memunculkan nyeri menyakitkan pada persendian.

Di sinilah peran daun tempuyung sebagai diuretik untuk mendorong pengeluaran kadar asam urat lewat urin. Daun tempuyung juga mempunyai flavonoid yang diketahui bisa menghambat kerja enzim serta reaksi yang picu pembentukan asam urat.

Sama halnya seperti kebanyakan obat herbal, manfaat dari daun tempuyung baru bisa terasa apabila seseorang tekun dan juga rutin mengkonsumsinya. Biasanya, air rebusan daun tempuyung ini diminum 3 kali sehari hingga batu ginjal berkurang.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp