Daun Meniran Untuk Asam Urat

Daun Meniran Untuk Asam Urat – Sudah tahukah Anda tentang tanaman meniran? Salah satu tanaman obat yang dapat mengatasi penyakit secara alami. Tanaman ini sangat mudah kita temukan lantaran meniran memang tumbuh di iklim tropis.

Meniran adalah jenis tanaman semak yang dapat ditemukan di pekarangan rumah. Daun ini dipercaya bisa menjadi obat herbal untuk penyakit asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kelebihan zat bernama purin.

Gejala asam urat akan ditandai dengan munculnya rasa nyeri, panas, kemerahan hingga bengkak pada sendi. Karena itulah, Anda dapat memanfaatkan meniran untuk menghilangkan asam urat. Berikut akan dibahas tentang manfaat daun meniran untuk asam urat.

Daun Meniran Untuk Asam Urat

Daun Meniran Untuk Asam Urat

Daun meniran bisa mengobati asam urat karena memiliki sejumlah kandungan. Beberapa kandungan tersebut antara lain phyllanthin, hypophyllanthin, nirterali, nirathin, nirurin, phullanthenol, nirurinetin, norsecuirinine, flovanoid. Beberapa kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Adapun manfaatnya yaitu:

  • Meningkatkan fungsi ginjal

Flavonoid yang ada di dalam meniran dapat mengatasi asam urat serta mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Fungsi dari ginjal sendiri sangatlah penting untuk mengobati asam urat karena ginjal merupakan organ yang mengolah kelebihan asam urat dan membuangnya dalam bentuk urin. Sehingga bila kondisi ginjal terganggu maka asam urat akan makin meningkat.

  • Mengobati peradangan pada sendi

Peradangan pada sendi merupakan hal yang biasa terjadi oleh kebanyakan pengidap asam urat yang sudah parah. Dengan mengonsumsi meniran, peradangan akibat asam urat dapat diredakan. Konsumsi meniran dengan rutin merupakan salah satu langkah untuk mengatasi peradangan pada sendi.

  • Mencegah timbulnya pembengkakan

Biasanya pembengkakan terjadi ketika penumpukan purin dalam tubuh benar-benar sangat tinggi serta peradangan sendi sudah memburuk. Nah, karena meniran memiliki sifat yang dapat mengembalikan fungsi ginjal, maka proses pengeluaran purin melalui saluran urin dapat berjalan dengan baik. Akibatnya, penumpukan purin sedikit demi sedikit berkurang dan peradangan bisa diredakan.

  • Menurunkan kadar purin

Purin merupakan zat yang sangat sensitif untuk para pengidap asam urat. Jadi dengan mengonsumsi meniran, kadar purin dalam tubuh penderita asam urat dapat berkurang secara bertahap.

  • Mencegah rasa nyeri

Meniran juga dapat mencegah rasa nyeri yang diakibatkan asam urat. Seiring berjalannya waktu, ketika purin berangsur turun maka rasa nyeri juga akan semakin mereda.

Demikian manfaat daun meniran untuk asam urat. Bagaimana sangat luar biasa bukan? Anda bisa membuat sendiri ramuan daun meniran di rumah. Namun tetap, sebelum mengonsumsinya Anda harus berkonsultasi pada dokter mengenai dosis yang dianjurkan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp