Daun Mangga untuk Mengatasi Asam Urat

Daun Mangga untuk Mengatasi Asam Urat

Daun Mangga untuk Mengatasi Asam Urat – Penyakit asam urat (gout) merupakan kondisi yang bisa sebabkan gejala nyeri hebat yang tak tertahankan, bengkak dan terasa memanas dipersendian. Meski demikian semua sendi tubuh dapat terkena penyakit asam urat, tapi sendi yang paling sering terkenai yaitu sendi lutut, jari tangan, pergelangan kaki dan jari kaki.

Secara umum, pengidap asam urat juga menderita penyakit lain seperti diabetes melitus, hipertensi dan kolesterol tinggi.

Pasalnya, asam urat muncul sebagai akibat dari peningkatan purin di dalam tubuh. Untuk mengurangi jumlah kadar purin, maka biasanya diberikan pengobatan medis berupa pemberian obat-obatan. Selain pengobatan cara medis, cara tradisional yang dianggap dapat mengurangi jumlah kadar purin pada pengidap asam urat ialah daun mangga.

Daun Mangga untuk Mengatasi Asam Urat

Daun mangga yang sering digunakan untuk pengobatan asam urat yaitu daun mangga muda dari berbagai jenis mangga, seperti misalnya mangga apel yang memiliki tekstur lebih kasat.

Herbalis tanaman obat, Dedi Mulyadi menjelaskan bahwa daun mangga yang bertekstur kasat dan mengandung pelarut purin bisa kurangi kristal-kristal yang menghambat di dalam darah. Untuk mengobati asam urat, daun mangga biasanya dicampur dengan beberapa tanaman obat lain seperti daun bondotan, sidaguri, dan daun salam.

Cara membuat obat asam urat dari daun mangga

  • Langkah pertama siapkan 5 lembar daun mangga muda (berwarna hijau muda)
  • Selanjutnya, rebus daun mangga dengan 2 gelas air 250 cc dan rebus sampai daun berwarna kecoklatan
  • Setelah daun berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  • Ramuan daun mangga ini dapat dikonsumsi 2 kali sehari hingga kadar asam urat didalam tubuh kembali normal

Cara ke-2 mengolah daun mangga sebagai obat asam urat

Bahan :

  • 10 gr daun mangga yang dikeringkan
  • 5 gr daun salam
  • 10 gr tanaman sidaguri
  • 5 gr daun bondotan

Cara membuat : Semua bahan tersebut direbus dengan air sebanyak 500 cc atau 2 gelas, rebus hingga kecoklatan. Biarkan air rebusan menjadi hangat. Ketika hangat air rebusan ini dapat  diminum dan sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

Menurut dr Kaka Renaldi, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam, berbagai macam pengobatan alternatif untuk menyembuhkan asam urat boleh saja dilakukan, dengan syarat bahan yang digunakan telah dilakukan penelitian bahwa bahan mampu turunkan asam urat.

Kasus  penyakit asam urat biasanya tidak dapat disembuhkan secara total, namun hanya bisa mencegah munculnya rasa sakit, meradang dan bengkak yang mengganggu kegiatan keseharian. Terlebih, ada beberapa kasus penyakit asam urat menjadi sebab penderitanya mengalami kelumpuhan akibat nyeri sendi yang tak tertahankan.

Untuk itu, ada baiknya setiap 6 bulan sekali memeriksakan tensi darah dan kandungan asam urat dalam darah. Asam urat didalam darah dikatakan normal bila tidak melebihi 3,5–7 mg/dL bagi pria sementara bagi wanita 2,5–6 mg/dL.

Post by : Berita Harianmu

Daun Mangga untuk Mengatasi Asam Urat

Updated: 06/05/2017 — 10:00 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme