Daun Binahong untuk Obat Asam Urat

Daun Binahong untuk Obat Asam Urat – Penyakit asam urat adalah kondisi di mana zat purin di dalam tubuh terlalu banyak. Purin secara alami dihasilkan oleh tubuh, namun purin juga bisa dihasilkan oleh makanan yang kita konsumsi seperti misalnya daging dan jeroan.

Zat purin inilah yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi asam urat. Sebenarnya, asam urat ini secara alami akan dikeluarkan tubuh melalui mekanisme penyaringan didalam ginjal dan dibuang dalam bentuk urine.

Tapi bila zat purin ini berlebih, ginjal tak mampu mengolahnya lalu akhirnya akibatkan penumpukan pada bagian tulang dan sendi. Alhasil tulang dan sendi terasa nyeri, bengkak bahkan meradang. Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi penyakit asam urat adalah Daun Binahong.

Daun Binahong untuk Obat Asam Urat

Daun Binahong untuk Obat Asam Urat

Daun binahong bisa dijadikan obat asam urat lantaran mengandung banyak zat kimia seperti alkaloid, polifenil, oleanotik, saponin dan minyak atsiri yang bisa mengusir zat asam urat dalam tubuh Anda.

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengolah daun binahong agar bisa dikonsumsi? Sebetulnya Anda bisa membeli daun binahong yang telah diekstrak, tapi memang peredarannya belum begitu banyak alias langka. Karena itulah, sebaiknya Anda mengolah daun binahong sendiri agar lebih baik dan juga sehat untuk tubuh Anda.

Begini langkah cara mengolah daun binahong menjadi obat asam urat

Bahan yang perlu disiapkan:

  • 20 lembar daun binahong yang masih segar
  • 8 gelas air matang

Cara membuat:

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencuci daun binahong hingga bersih. Lalu remas daun binahong sampai mengeluarkan lendir. Nah setelah itu, rebus daun binahong tadi menggunakan 8 gelas air yang telah disiapkan dengan nyala api yang sedang saja.

Biarkan air mendidih hingga menyusut menjadi 3 gelas. Setelah perebusan selesai, diamkan sebentar hingga agak dingin. Barulah setelah dingin, saring air rebusan dan konsumsi 3 kali sehari. Meski rasanya agak pahit, tapi harus tetap diminum karena bisa membuat penyakit Anda menjadi sembuh.

Bila Anda mengalami bengkak dan radang akibat asam urat, Anda bisa mencoba mengoleskan daun binahong yang telah ditumbuk pada bagian tulang yang membengkak dan meradang tersebut.

Itulah sekilas tentang Daun Binahong untuk Obat Asam Urat. Selain mengonsumsi daun binahong ini, terapkan juga pola hidup sehat. Jaga asupan makan Anda, hindari makanan yang mengandung purin tinggi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Updated: 02/12/2017 — 9:26 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme