Dampak Buruk Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat

Dampak Buruk Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat – Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang sering di sepelekan. Penyakit ini timbul karena tingginya jumlah zat purin yang berasal dari makanan. Dimana sisa metabolisme zat purin berupa asam urat akan menumpuk dalam tubuh dan merusak sel sel tubuh sekitar persendian. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita asam urat mengalami rasa nyeri disekitar sendi. Penyakit yang satu ini banyak di alami akibat pola hidup yang tidak baik.

Dampak Buruk Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat

Salah satu faktor yang menjadi penyebab asam urat dalam tubuh tinggi adalah makanan. Dimana pada umumnya masyarakat Indonesia lebih menyukai makanan yang mengandung zat purin tinggi, seperti kopi. Tahukah anda bahwa minuman yang banyak di sukai masyarakat ini ternyata bisa membunuh secara perlahan? Kopi memang mempunyai rasa yang sangat khas dan nikmat. Namun, konsumsi minuman ini tidak bagi untuk kesehatan terutama bagi pendeirta asam urat.

Berikut ini adalah Dampak Buruk Minum Kopi Bagi Penderita Asam Urat :

  • Gangguan Fungsi Ginjal
    Minum kopi setiap hari selama bertahun tahun dapat mempercepat terjadinya penumpukan asam urat. Dimana kondisi seperti ini bisa menyababkan terjadinya pengendapan zat purin dalam ginjal yang akan merusak fungsi ginjal. Jika fungsi ginjal seseorang sudah mengalami gangguan atau kerusakan maka selama hidupnya harus melakukan cuci darah secara rutin 2 kali dalam seminggu.
  • Lemak Berlebihan
    Kafein yang ada dalam kopi sangatlah tinggi. Kandungan kafein ini dapat menyebabkan jumlah lemak dalam tubuh semakin tinggi dan memicu terjadinya asam urat yang berlebih disekitar persendian. Bukan hanya itu, pendeirta asam urat yang sering mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi beresiko mengalami komplikasi penyakit mematikan seperti stroke dan diabetes.
  • Kerusakan Sendi dan Jaringan Tulang Rawan
    Penderita asam urat yang sering mengkonsumsi kopi akan mengalami kerusakan pada jaringan tulang rawan sendi yang menyebabkan sendi menjadi sulit digerakan. Bahkan tidak sedikit kasus penderita asam urat yang mengalami kelumpuhan atau cacat permanen akibat konsumsi kopi secara berlebih.
  • Penyempitan Pembuluh Darah
    Banyaknya jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh penderita asam urat tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah ini dapat mengahambat aliran darah. Bahkan, jika kondisi sudah kritis bisa menyebabkan serangan jantung yang sangat mematikan.

Karena itulah, bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan asam urat sebaiknya segera lakukan pengobatan dan terapkan pola hidup yang sehat. Jika memang ada suatu hal yang menekan anda untuk tetap mengkonsumsi kopi. Maka, konsumsi jenis kopi arabika tanpa gula dan jangan terlalu banyak. Karena, jenis kopi ini terbukti lebih rendah zat kafein. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Post by :  beritaharianmu.com

Updated: 08/05/2017 — 8:53 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beritaharianmu.com © 2017 Frontier Theme