Daftar Makanan untuk Penderita Osteoartritis Lutut

Daftar Makanan untuk Penderita Osteoartritis Lutut

Daftar Makanan untuk Penderita Osteoartritis Lutut – Jika Anda merupakan seorang penderita osteoartritis lutut, ada kabar bagus untuk Anda. Para ilmuwan telah memberikan rekomendasi makanan yang bisa mengurangi nyeri pada sendi akibat osteoartritis lutut.

Daftar Makanan untuk Penderita Osteoartritis Lutut

Dan sebetulnya tak ada pola makan yang spesifik untuk menuntaskan masalah kesehatan yang satu ini. Namun jika Anda bisa dengan cermat memilih makanan yang dikonsumsi, maka hal tersebut bisa membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi. Berikut daftar makanan untuk penderita osteoarttitis yang direkomendasikan oleh para ilmuwan.

  • Vitamin C

Vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan yang bisa membantu pertumbuhan tulang lunak. Jika tubuh sampai kekurangan vitamin C maka akan sebabkan tulang lunak melemah dan meningkatkan gejala-gejala terserang osteoartritis.

Adapun makanan-makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang bisa dijadikan pilihan di antaranya pepaya, jambu, nanas, jeruk, stroberi, kiwi, blewah, raspberry, tomat, brokoli, kembang kol, paprika dan kale.

  • Vitamin D

Vitamin D diyakini bisa membantu mengatasi kerusakan  yang terjadi di tulang lunak. Makanan bervitamin D tersebut di antaranya telur, salmon, udang, sarden, sereal, tahu dan yogurt.

  • Beta karoten

Beta karoten merupakan komponen yang memiliki antioksidan untuk membantu memerangi radikal bebas sebelum radikal bebas tersebut merusak persendian Anda. Makanan yang menganfung beta karoten mudah dibedakan yakni buah atau sayuran yang memiliki warna oranye cerah seperti wortel, selada cos, ubi jalar, labu, blewah, dan lainnya.

  • Asam lemak omega 3

Lemak paling sehat yang dapat dikonsumsi penderita osteoartritis hanyalah asam lemak omega 3. Jika lemak lain bisa memperparah peradangan pada tubuh, omega 3 justru bisa meringankan peradangan pada tubuh dengan cara menekan produksi sitokinin serta enzim yang merusak tulang lunak. Makanan yang mengandung omega 3 antara lain ikan tuna, salmon, herring, sarden, makarel, teri, dan lainnya.

  • Makanan yang pedas

Beberapa makanan yang pedas memiliki efek anti inflamasi. Makanan pedas yang paling bermanfaat salah satunya adalah kunyit. Kunyit sendiri sudah diteliti bisa menekan berbagai bahan kimia yang sebabkan peradangan.

  • Minyak zaitun

Riset mengatakan bahwa salah satu komponen pada minyak zaitun yakni oleocanthal bisa mencegah peradangan. Makin kuat rasa minyak zaitun maka makin tinggi pula kandungan oleocanthalnya. Dalam 3.5 sendok makan minyak zaitun sama dengan 200 mg ibuprofen.

Selain itu, 3.5 sdm minyak zaitun juga sebanding dengan 400 kalori. Karena itulah, untuk menghindari kelebihan kalori dalam tubuh, jika Anda telah menggunakan minyak zaitun jangan lagi untuk menambahkan mentega atau minyak lainnya ke dalam makanan Anda.

Nah itulah Daftar Makanan untuk Penderita Osteoartritis Lutut. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda semua khususnya yang saat ini tengah mengidap penyakit osteoartritis lutut ini. Semoga bermanfaat.

Posted by beritaharianmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Chat Via WhatsApp